Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengembalikan Kebugaran Tubuh setelah Kurang Tidur

Fimela.com, Jakarta Kurang tidur memang bisa membuat tubuh terasa sangat lemas. Aktivitas pun jadi kurang maksimal. Hanya saja memang kadang kita sulit mendapatkan jam tidur yang cukup dikarenakan kesibukan atau aktivitas yang padat. Lalu apa yang harus dilakukan agar tubuh terasa lebih segar dan bugar?

Setelah kurang tidur, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Supaya kondisi tubuh tidak makin menurun, kita perlu memperbaiki beberapa hal untuk mengembalikan kondisi tubuh. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Tidur dalam Kamar yang Gelap

Usahakan untuk memadamkan semua lampu di kamar tidur. Tidur di ruangan gelap, produksi hormon melatonin dalam tubuh akan lebih maksimal. Sehingga kita bisa mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas. Ketika bangun pun tubuh bisa lebih segar.

2. Hindari Makan Berat Mendekati Jam Tidur

Supaya bisa mendapatkan istirahat yang total, hindari makan berat mendekati jam tidur. Maksimalkan tubuh untuk mengistirahatkan diri saat tidur. Jangan membebaninya dengan membuat sistem pencernaan harus bekerja keras dengan makanan yang kita konsumsi. Setidaknya dua jam sebelum tidur, hindari mengonsumsi makanan berat. Selain itu, hindari minum kopi atau minuman berenergi enam jam menjelang tidur. Sebagai gantinya, air putih bisa lebih menyehatkan.

3. Matikan Gadget sebelum Tidur

Setidaknya satu jam sebelum tidur, jauhkan berbagai jenis gadget dari tempat tidurmu. Paparan sinar biru dari layar gadget bisa mengganggu kualitas tidurmu. Lakukan hal lain yang bisa memberi efek lebih rileks seperti membaca buku. Beri jeda untuk tubuh dan pikiranmu lebih rileks sebelum tidur.

4. Lakukan Olahraga Ringan pada Pagi Hari

Luangkan waktu 10-15 menit untuk melakukan olahraga ringan pada pagi hari setelah bangun tidur. Dengan olahraga singkat ini tubuh bisa terasa lebih segar dan tidak gampang capek meski tidur cuma sebentar. Menggerakkan tubuh bisa bantu memperlancar aliran darah dan membuatmu lebih bugar.

Itu tadi empat cara paling dasar untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Semoga infonya bermanfaat dan selalu jaga kesehatan, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading