Menikah Bukan Solusi Ajaib Atasi Semua Rasa Galau, Ini 4 Alasannya

Endah Wijayanti24 Agu 2020, 10:55 WIB
Diperbarui 24 Agu 2020, 10:55 WIB
menikah sebagai solusi

Fimela.com, Jakarta Pernah mendengar ada yang menyuruhmu untuk menikah saja daripada capek-capek kerja? "Capek kerja, menikah saja," begitu katanya. Atau mungkin ada yang memberimu solusi untuk cepat-cepat menikah saja supaya nggak kelamaan galau atau merasa kesepian. Well, masih banyak yang menganggap bahwa menikah adalah semacam "solusi ajaib"  untuk atasi semua masalah dan rasa galau.

Padahal setiap fase kehidupan punya ujiannya masing-masing. Solusi atas setiap masalah yang ada bukan hanya menikah. Menikah tak serta merta menghapus semua kesedihan dan kegalauan yang ada di dalam dada. 

1. Solusi untuk Setiap Masalah Tidaklah Seragam

Menikah bukan satu-satunya solusi mengatasi rasa capek kerja. Menikah bukan satu-satunya solusi untuk bisa menghapus rasa galau berkepanjangan. Yang sudah menikah pun masih bisa merasa sedih dan kesepian. Tapi yang perlu ditekankan di sini adalah bahwa solusi untuk setiap masalah itu berbeda satu sama lain. Tidaklah seragam sama rata semua. Jika saat ini galau karena merasa karier yang tidak berkembang atau capek kerja, maka solusinya adalah cari jalan keluar yang berhubungan dengan pekerjaanmu. Kalau memang masih belum siap untuk membuka hati karena baru saja patah hati, tak apa untuk memberi sedikit waktu untuk menikmati kesendirian yang ada.

2. Menikah Juga Bukan Berarti Bebas dari Masalah

Saat sudah menikah, ada tanggung jawab dan prioritas baru yang harus dihadapi. Menikah bukan berarti akan terbebas dari masalah. Masalah-masalah yang hadir akan berbeda. Maka dari itu keputusan untuk menikah pun tak boleh terburu-buru atau terlalu gegabah. Untuk bisa menikah dan bahagia pun perlu proses penyesuaian diri dan penyelerasan yang juga perlu waktu.

3. Kesedihan dan Kegalauan Tetapa Jadi Bagian dari Hidup

tips untuk move on
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/prostock_studio

Saatnya untuk membuka mata kembali. Kesedihan dan kegalauan akan tetap jadi bagian dari hidup. Akan ada masa-masa kita akan merasakan kesedihan dan kegalauan lagi. Yang perlu kita lakukan adalah memeluk itu semua. Menerima kesedihan dan kegalauan yang ada dan mencari solusi yang sesuai dengan permasalahan sendiri. Masing-masing dari kita punya permasalahan dan ujian hidup masing-masing. Maka, solusi dan jalan keluarnya pun bisa berbeda dari orang lain.

4. Hidup Menyajikan Banyak Pilihan

Tak apa jika memang solusi terbaik atas masalahmu saat ini adalah menikah. Cuma yang perlu diingat adalah bahwa hidup ini akan selalu memberimu berbagai cobaan dan ujian. Selalu kuatkan dan tegarkan diri hadapi berbagai hal baru dalam hidup. Ada banyak pilihan yang bisa kita ambil dan petik dalam hidup ini. Selain itu, kita pun bebas mengambil pilihan hidup kita sendiri, meski pilihan itu bakal berbeda dari kebanyakan orang.

Semoga masalah apa pun yang sedang kamu hadapi saat ini bisa kamu atasi dengan baik. Yakinlah akan selalu ada titik terang dari setiap permasalahan yang ada. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓