4 Alasan Menikmati Kesendirian Takkan Membuat Perempuan Makin Rapuh

Endah Wijayanti24 Agu 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 24 Agu 2020, 14:15 WIB
bahagia dalam kesendirian

Fimela.com, Jakarta Dulu mungkin kita menganggap kesendirian adalah hal yang perlu disembunyikan. Bahkan membuat kita pura-pura sudah punya pasangan kepada orang lain hanya karena tak ingin dicap "tidak laku". Mungkin juga dulu kita pernah enggan dan canggung mengatakan kita sering melakukan banyak hal sendirian. Tapi seiring waktu berjalan, kita pun menyadari bahwa kesendirian bukanlah sesuatu yang "memalukan". 

Kesendirian tak akan membuat kita makin rapuh. Kesendirian tak akan membuat kita jadi lemah begitu saja. Bahkan saat kita bisa menikmati waktu yang kita habiskan sendirian, kita bisa menemukan kebahagiaan tersendiri. Bisa lebih mencintai diri sendiri dan bisa lebih menikmati hidup.

1. Kesendirian Membantu Kita Menemukan Kebahagiaan

Kebahagiaan perlu kita cari dan temukan sendiri. Bahkan kita perlu menciptakan kebahagiaan kita sendiri. Sebab tak setiap waktu kita bisa bergantung pada orang lain. Tak setiap saat orang-orang akan bersikap sesuai dengan yang kita inginkan. Maka dari itu, menikmati waktu sendirian akan sangat membantu kita bisa menemukan kebahagiaan kita setiap saat.

2. Kesendirian Membuat Kita Lebih Bersahabat dengan Diri Sendiri

Ada saat-saat kita terlalu keras atau terlalu "jahat" pada diri sendiri. Masih sering menyalahkan diri sendiri atas berbagai kegagalan yang terjadi. Baik kegagalan dalam hubungan percintaan, urusan karier dan pekerjaan, dan berbagai hal lainnya. Sampai kita lupa untuk berbaik hati kepada diri sendiri. Saat kita berada dalam situasi sendirian, kita akan meluangkan lebih banyak  untuk mengevaluasi dan refleksi diri. Bisa lebih bersahabat dengan diri sendiri. Makin mencintai diri sendiri dan ini akan memudahkan kita jalani hidup jadi lebih baik lagi.

3. Kesendirian Dapat Memperkuat Jiwa

waktu menyendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Jirat+Teparaksa

Tak ada  yang salah dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Melakukan sesuatu untuk diri sendiri. Pergi ke bioskop sendirian, traveling sendirian, makan sendirian di kafe, atau sekadar duduk bengong di taman sendirian. Ada saatnya kita butuh waktu untuk menyendiri. Kita perlu jeda untuk menikmati kesendirian kita. Bagi yang bertemperamen introver, meluangkan waktu untuk menyendiri atau menyepi bisa bantu mengisi ulang energi dan ini dapat membuat diri jadi lebih bersemangat lagi. Kesendirian bukan sesuatu yang memalukan atau perlu disembunyikan. 

4. Kesendirian Melatih Kemandirian

Kita terlatih untuk lebih mandiri saat bisa berdamai dengan kesendirian. Ketika menghadapi sebuah masalah atau hal yang tak pasti, kadang kita merasa takut atau cemas berlebihan. Kita merasa rendah diri, seakan kita tak berdaya hadapi masalah tersebut. Namun, saat kita sudah terlatih melakukan banyak hal sendiri, maka kita tak mudah merasa takut saat mengalami hal yang terjadi di luar dugaan. Sehingga kita tak mudah merasa stres saat menghadapi sebuah persoalan hidup.

"I live in that solitude which is painful in youth, but delicious in the years of maturity."  - Albert Einstein

Berdamai dengan rasa sepi dan kesendirian bisa membuat jiwa kita lebih kuat dan tegar. Semoga ada hari-hari yang lebih baik yang akan kita hadapi dan jalani ke depannya, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓