Sukses

Lifestyle

6 Manfaat Puasa Daud untuk Solusi Masalah Jodoh dan Kesehatan, Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

Fimela.com, Jakarta Puasa Daud merupakan puasa sunnah yang dianjurkan dalam Islam terutama bagi umat muslim yang sedang dilanda masalah kesehatan dan dikala bimbang dalam mencari jodoh. Sama seperti puasa sunnah yang lainnya, Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang mampu mengerjakan puasa Daud.

Seseorang yang ingin menjalankan puasa Daud, dianjurkan untuk berpuasa satu hari dan tidak berpuasa di hari berikutnya secara berulang. Kelihatan mudah namun sebenarnya hanya umat yang kuat iman dan bertakwa saja yang siap menjalani ibadah puasa Daud secara konsisten dan dengan penuh keikhlasan.

Selain manfaatnya yang luar biasa, puasa Daud juga mengajarkan umat Islam untuk istiqamah atau konsisten dalam menjalankan sesuatu terutama dalam beribadah kepada yang Maha Kuasa, juga berkomitmen dalam mengambil keputusan agar sesuatu yang kita jalankan bisa terus berlanjut dan menjadi lebih baik lagi.

Pada penerapannya, melakukan puasa sunah ini hendaknya tidak boleh terlalu memaksakan, karena segala sesuatu yang dilakukan secara terpaksa tidak baik. Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat puasa Daud untuk solusi masalah jodoh dan kesehatan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Puasa Daud

Sebelum mengulasnya secara lebih lanjut, ada baiknya jika kamu mengenal secara jelas tentang puasa sunnah yang satu ini. Puasa Daud merupakan puasa sunah yang rutin dilakukan oleh Nabi Daud.

Nabi Daud rutin melakukan puasa selang-seling ini sepanjang hidupnya. Puasa ini dilaksanakan secara selang-seling, seperti hari ini puasa dan besok tidak puasa begitu seterusnya.

Melalui ibadah puasa ini, secara tidak langsung akan mengajarkan kita untuk istiqamah atau konsisten dalam menjalankan sesuatu terutama dalam beribadah kepada secara ikhlas kepada Allah SWT, juga berkomitmen dalam mengambil keputusan agar sesuatu yang kita jalankan bisa terus berlanjut dan menjadi lebih baik lagi.

Keutamaan Puasa Daud

Sebagai puasa sunnah yang dianjurkan dan disukai oleh Allah SWT, umat muslim hendaknya belajar untuk menjalankannya tanpa ada rasa keterpaksaan. Adapun hal ini telah dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari dari Abdullah bin Amir bin Al Ash. Sahabat itu menuturkan Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

"Sebaik-baik salat di sisi Allah adalah salatnya Nabi Daud 'alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau salat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu sehari puasa dan tidak puasa di hari berikutnya."

Hadis ini menerangkan bagaimana Nabi Daud AS menjalankan ibadah, salah satunya puasa. Hadis itu pula menyiratkan bagaimana puasa sunah Daud dijalankan. Terdapat hadis lain yang menjelaskan kedudukan Puasa Daud. Hadits itu diriwayatkan oleh Bukhari:

"Rasulullah Muhammad SAW bersabda, 'Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdlal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu 'anhu) berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: "Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu."

Puasa Nabi Daud yang dilakukan secara selang-seling merupakan puasa sunnah yang paling utama. Keutamaan puasa Daud ini sebagaimana yang tertuang pada salah satu hadis, yaitu:

“Puasalah sehari dan berbukalah sehari, karena yang demikian itu adalah seutama-utamanya puasal itulah puasa saudaraku Daud ‘alaihissalam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain merupakan puasa sunnah yang paling utama, puasa Daud ternyata memiliki keutamaan sebagai puasa sunnah yang paling dicintai oleh Allah sebagaimana yang ada di dalam hadits berikut:

“Puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling dicintai Allah adalah shalat Daud. Ia tidur setengah malam, dan bangun sepertiga malam, kemudian tidur (lagi) seperenam malam, dan ia berpuasa satu hari dan berbuka satu hari.” (HR. Bukhari Muslim)

Keutamaan puasa Nabi Daud sebagai puasa sunnah paling utama dan puasa sunnah yang paling dicintai Allah dikarenakan puasa Daud merupakan puasa (amalan sunnah) yang optimal. Maksud dari optimal adalah tidak berlebihan tetapi sarat akan tingkat ketaqwaan yang sangat tinggi.

Sholat sunnah dan puasa sunnah Nabi Daud memang mencerminkan ketaqwaan yang sangat tinggi kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Ini merupakan batas maksimal upaya beribadah kepada Allah yang tidak berlebihan.

Tata Cara Puasa Daud

1. Niat

Dalam mengerjakan ibadah sebaiknya didahulukan dengan niat, baik niat dari hati dan juga dilafalkan. Untuk puasa Daud, niat lebih baik dibaca saat malam hari. Namun apabila terlupa niat puasa Daud bisa dilafalkan saat pagi hari, asalkan belum memakan apapun dan belum melakukan kegiatan yang membatalkan puasa.

Nawaitu shauma daawuda sunnatal lillahi ta’ala.

Artinya: "Saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta'ala"

Saat melakukan puasa Daud bisa juga diiringi dengan kegiatan ibadah sunah lainnya, seperti melakukan salat tahajud, salat duha dan tilawah Al-Qur’an untuk menambah amalan kebaikan kita dan semakin taat dengan Allah SWT.

2. Makan Sahur

Tata cara puasa Daud selanjutnya makan sahur, namun hukumnya ialah sunnah, sehingga apabila tidak sempat untuk melaksanakan sahur karena terlambat bangun, tidak menjadi masalah asalkan tetap melafalkan niat.

Menjauhkan Diri dari Sesuatu yang Membatalkan Puasa

Menahan diri untuk tidak melakukan sesuatu yang membatalkan puasa juga perlu dilakukan. Segala sesuatu yang masuk lewat kerongkongan akan membatalkan puasa, sehingga kita harus menahan makan dan minum, serta hawa nafsu sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

3. Buka Puasa

Berbuka dianjurkan disegerakan yakni setelah mendengar adzan magrib dikumandangkan maka segera kan lah untuk berbuka puasa. Apabila puasa Daud tepat jatuh dilaksanakan pada hari Jumat, maka hukum melaksanakan puasa Daud adalah mubah atau diperbolehkan karena memang sedang menjalankan rangkaian dalam puasa Daud.

Manfaat Puasa Daud Untuk Solusi Masalah Jodoh

Puasa Daud merupakan ibadah yang cocok dikerjakan untuk kamu yang sedang berikhtiar dalam mencari jodoh atau menentukan pendamping. Dengan melaksanakan puasa Daud, atas izin Allah SWT masalahmu dalam urusan jodoh akan dimudahkan dan diberikan solusi yang terbaik. Berikut beberapa manfaat puasa Daud untuk solusi masalah jodoh yang perlu kamu tahu:

Ibadah untuk Mendapatkan Jodoh

Manfaat puasa Daud untuk jodoh bisa disebabkan oleh faktor bahwa puasa Daud merupakan ibadah yang paling ijabah untuk berdoa. Saat puasa Dauda kamu memohon dan berdoa, maka malaikat juga akan menolong mendoakannya agar diterima oleh Allah SWT. Jadi, jika kamu berdoa untuk mendapatkan jodoh saat puasa Daud, maka bukan sesuatu yang mustahil doa kamu dikabulkan oleh Allah SWT.

Mendapatkan Ridho dari Allah SWT

Puasa Daud merupakan puasa yang paling disukai oleh Allah. Jadi, menjalankan puasa Daud dapat membawa suatu manfaat. Selain manfaat puasa Daud untuk jodoh, puasa Daud juga dijadikan sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dimudahkan Segala Urusan

Selain manfaat puasa Daud untuk jodoh, manfaat puasa Daud juga dapat memudahkan segala urusan kamu. Dengan dimudahkannya urusan kamu, maka hal ini dapat menjadi bukti bahwa manfaat puasa Daud untuk jodoh bertambah kuat karena sebelumnya puasa Daud merupakan waktu paling ijabah untuk berdoa.

Manfaat Puasa Daud Untuk Masalah Kesehatan

Selain manfaat puasa Daud untuk solusi masalah jodoh, puasa Daud juga bermanfaat untuk kesehatan.  Berikut beberapa manfaat puasa daud bagi kesehatan:

Menjaga Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Manfaat puasa Daud untuk kesehatan yang pertama ialah menjaga tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Pelaksanaan puasa Daud bagaikan sebuah imunitas bagi tubuh. Dengan melakukan puasa Daud yang dilakukan berselang seling satu hari ini akan menjadikan kondisi tubuh menjadi lebih sehat terutama pada saluran pencernaan.

Membuang Racun Pada Tubuh

Manfaat puasa Daud lainnya dapat bertindak sebagai proses detoksifikasi bagi tubuh. Sebenarnya, semua jenis puasa, baik puasa sunah atau puasa wajib memang berguna untuk membersihkan tubuh. Mengerjakan puasa Daud yang rutin dilakukan bisa membuang segala jenis racun yang ada di dalam tubuh. Racun-racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, minuman, dan udara yang Anda hirup pastinya bisa merugikan kesehatan jika tidak dibuang.

Menguatkan Fisik

Nabi Daud memiliki kekuatan fisik yang sangat mengagumkan. Kekuatan fisiknya ini melengkapi perawakan tubuh tinggi dan pesona kharismatiknya. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menjalankan amalan ibadah puasa Daud. Manfaat puasa Daud yang satu ini sangat berguna untuk menunjang produktivitas sehari-hari apalagi ini sangat penting bagi para laki-laki.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading