Sukses

Lifestyle

Daftar Sekarang, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 6 Sudah Dibuka Jam 12.00 Hari Ini

Fimela.com, Jakarta Setelah membuka gelombang 5 pada minggu lalu, pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang 6 pada hari ini (27/8/2020) pukul 12.00 WIB. Kuota sebanyak 800ribu peserta pun disiapkan untuk pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 6.

Penerima Kartu Prakerja merupakan daftar kelompok prioritas yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mendapatkan akses Kartu Prakerja, calon penerima wajib mendaftarkan diri pada program ini.

Pendaftaran bisa dilakukan secara daring melalui laman resmi program Kartu Prakerja. Ada beberapa dokumen dan data pribadi yang perlu disiapkan. Seperti Nomor Induk Kependudukan sesuai KTP, nomor telepon aktif, dan email aktif.

Jika sudah memenuhi ketentuan tersebut, kamu bisa langsung membuat akun Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id. Setelah membuat akun, kamu bisa langsung mendaftarkan diri, kemudian lanjut dengan Metode Verifikasi dan akan menerima kode verifikasi. Jika sudah selesai, pendaftaran berhasil dna kamu sudah punya akun Kartu Prakerja.

 

Cara mendaftar Kartu Prakerja

Setelah membuat akun Kartu Prakerja, kamu bisa langsung mendaftarkan diri dengan cara sebagai berikut:

1. Masuk ke laman prakerja.go.id, login akun yang sudah terdaftar, dan klik menu Daftar Kartu Prakerja

2. Isi formulir verifikasi KTP, data diri dan nomor telepon sesuai format yang disediakan, serta unggah KTP.

3. Tahap berikutnya memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS, lalu klik Verifikasi.

4. Isi Pernyataan Pendaftar sampai selesai.

5. Pendaftar kemudian diminta untuk mengisi tes motivasi dan kemampuan dasar.

Setelah mengisinya akan ada hasil tes akan dievaluasi. Peserta harus menunggu sekitar 5 menit. Jika belum ada perubahan dalam waktu tersebut, coba Refresh.

6. Bila telah berhasil, pilih gelombang program yang diinginkan, ini disesuaikan dengan domisili. Usai itu pilih Gabung.

7. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan gelombang pendaftar. Bila sudah sesuai, pilih Gabung.

Setelah mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar, kamu akan menerima pemberitahuan bahwa akunmu telah terdaftar. Jika sudah berhasil memiliki Kartu Prakerja, kamu bisa mengikuti pelatihan. Pemerintah akan memberikan uang insentif sebagai biaya pelatihan yang akan diikuti.

Pada pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 5, sebanyak lebih dari 1,7 juta orang telah mendaftarkan Kartu Prakerja.

 

 

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading