Sukses

Lifestyle

5 Tips Mudah Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif yang Bisa Dicoba

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal sepele yang bisa merusak seluruh harimu ialah pikiran negatif, maka dari itu kamu harus tahu cara yang tepat untuk mengubahnya menjadi pikiran yang positif. Dalam keseharian, ada begitu banyak peristiwa serta kondisi yang bisa membuatmu berpikir secara negatif. Adapun bentuk dari pikiran negatif itu contohnya ialah ketika kamu merasa rendah diri, gelisah, dan stres.

Saat hal itu terjadi, dampaknya begitu kuat untuk memengaruhi emosimu, bahkan kamu bisa melakukan hal yang tidak terduga hanya karena pikiran negatif tersebut. Memang kita tidak bisa mengatur kapan hal baik dan buruk itu datang, namun kita memiliki kendali atas pikiran dan respon yang diberikan.

Ketika kamu berhasil mengubah pikiran negatif tersebut menjadi positif maka kamu akan tumbuh mejadi pribadi yang lebih dewasa dan bijak dalam menghadapi rintangan dalam hidup. Kamu juga akan menjadi pribadi yang kuat serta tahan banting karena mampu mengendalikan pikiranmu sendiri.

Untuk itu, kamu perlu tahu cara yang tepat untuk menerapkannya. Tidak perlu khawatir, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 tips mudah mengendalikan pikiran negatif menjadi positif yang bisa dicoba. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tetap Tenang dalam Segala Situasi

Tips mudah menghilangkan pikiran negatif ke positif yang pertama ialah dengan tetap tenang dalam segala situasi. Sikap tenang adalah kunci agar kamu tidak mudah tersulut emosi. Saat kamu mendapatkan sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan, pastinya kamu akan merasa kesal dan kecewa.

Nah, pada posisi inilah kamu bisa menerapkan sikap tenang, jika kamu mampu melakukannya maka kamu akan dapat mengendalikan diri. Seburuk apapun kondisi yang terjadi padamu, kamu tidak akan terpancing karena sebenarnya kamu selalu mempunyai celah untuk mengubah keadaan hanya dari pikiranmu, maka dari itu kamu harus mampu membangkitkan pikiran positif dalam diri.

Balas Situasi Buruk dengan Senyuman

Tips mudah menghilangkan pikiran negatif ke positif yang kedua ialah merespon semua situasi buruk yang kamu dapatkan dengan senyuman. Percaya atau tidak, senyuman tulus memiliki kekuatan untuk mengubah mood negatif yang sedang kamu rasakan menjadi positif.

Senyuman tersebut akan memberikan sugesti agar kamu tidak cepat marah dan bertindak secara emosional atas hal yang terjadi. Jadi, jika kamu ingin siap dan kuat dalam menghadapi setiap tantangan, maka pastikan kamu selalu membalas hal tersebut dengan senyuman dan berkata pada diri bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Dengarkan Musik yang Menggugah Semangat

Tips mudah menghilangkan pikiran negatif ke positif yang ketiga ialah mendengarkan musik yang menggugah semangat. Sama seperti senyuman, mendengarkan alunan musik yang membuat mood kembali membaik sangat efektif agar kamu dapat membuang pikiran negatif lalu termotivasi kembali untuk produktif.

Hindari playlist dengan lagu-lagu galau dan sedih karena hanya akan memperburuk keadaan. Cari musik dan lagu-lagu yang menenangkan. Salah satu contoh musik yang bisa kamu pilih ialah instrumen-instrumen dari alat musik seperti piano dan gitar yang begitu menenangkan untuk didengar.

Tidur dan Makan

Berikutnya, tips mudah menghilangkan pikiran negatif ke positif yang keempat ialah tidur dan makan. Memang kelihatan aneh namun, tidur dan makan bagi beberapa orang efektif untuk meredam amarah dan membuatmu lupa sejenak dengan pikiran-pikiran negatif yang membebani diri.

Jika rasanya kamu sudah tidak kuat lagi menahan pikiran negatif yang ada di diri, maka tidak ada salahnya untuk melenyapkan sejenak hal tersebut dengan tidur dan makan. Walaupun tidak menjadi solusi yang bisa membebaskanmu dari masalah, namun setidaknya mood kamu bisa sedikit membaik setelah makan dan tidur.

Bercerita dan Berkumpul dengan Orang yang Menyayangimu

Terakhir, tips mudah menghilangkan pikiran negatif ke positif yang kelima ialah bercerita dan berkumpul dengan orang-orang yang dekat denganmu, pastinya mereka adalah orang-orang yang menyayangimu. Sudah menjadi naluri memang ketika sedang ada masalah lalu meluapkannya dengan bercerita.

Bagikan apa yang sedang kamu rasakan sehingga kamu bisa mendapatkan feedback dari sudut pandang orang lain. Tentunya kamu akan menjadi lebih tenang tanpa harus melakukan hal-hal yang merugikan hanya karena pikiran negatif yang sedang menguasaimu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading