Sukses

Lifestyle

Ketahui Ciri-Ciri Depresi yang Paling Umum dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Bisa dikatakan bahwa salah satu isu kesehatan mental yang tengah populer saat ini ialah depresi. Ditambah situasi wabah virus corona yang menyebabkan penurunan di berbagai sektor, salah satunya ialah sektor ekonomi. Ada banyak orang yang mengalami depresi karena aktivitas ekonomi yang terganggu.

Selain faktor ekonomi, ada juga faktor lainnya yang memicu orang bisa depresi. Permasalahan hubungan dengan pasangan hingga kualitas hubungan secara sosial bisa memicu seseorang mengalami depresi. Sayangnya, banyak dari mereka yang tidak tahu bahkan mengabaikan ciri-ciri depresi.

Padahal jika diabaikan dan tidak disadari, depresi bisa membuat seseorang bisa sampai mengakhiri hidupnya dan bahkan melakukan tindakan yang bisa mencelakai orang lain. Maka dari itu, menjadi penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri depresi agar dapat segera meminta dan mendapatkan pertolongan yang tepat.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas ciri-ciri depresi yang paling umum dan cara untuk mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, ulasan ini sekaligus menjadi referensi bersama agar kita semakin menyadari bahwa depresi ada ditengah kita dan sudah menjadi tugas bersama untuk merangkulnya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kehilangan Minat Pada Semua Aktivitas

Ciri-ciri depresi yang paling umum dari sudut psikologis ialah mulai hilangnya minat pada semua aktivitas yang biasanya kamu kerjakan. Contohnya, jika biasanya kamu senang bekerja, maka tiba-tiba saja kamu merasa malas dan tidak ingin mengerjakannya lagi tanpa ada alasan yang jelas. Secara sadar kamu merasa malas namun kamu tidak tahu pasti apa penyebabnya.

Jika kamu merasa seperti itu, maka itu tandanya kamu sedang mulai depresi dan sebenarnya hilangnya minat dan bakat tersebut bisa jadi disebabkan karena jauh didalam hati kamu sedang merasa bahwa apapun yang tengah kamu lakukan itu percuma. Kamu berpikir bahwa selama ini yang kamu lakukan tidak memiliki arti penting sehingga kamu muak dan ingin lari dari kenyataan.

Tidak Bisa Mengontrol Emosi

Kedua, ciri-ciri depresi yang paling umum berikutnya ialah ketika kamu sudah tidak bisa lagi mengontrol emosi. Hal ini jelas bisa terjadi karena penyebab kamu tidak bisa mengontrol emosi ialah karena ada banyak emosi yang telah lama kamu pendam. Kamu merasa sudah tidak kuat untuk menahannya lagi, maka dari itu kamu bisa kehilangan kontrol.

Orang yang depresi biasanya memiliki kebiasaan untuk memendam emosinya ketimbang meluapkannya karena berbagai alasan. Namun, jika hal itu terus dilakukan maka yang akan terjadi justru luapan emosi yang tidak bisa dikontrol. Ada banyak cara untuk meluapkan emosi daripada memendamnya, salah satunya ialah bercerita kepada teman.

Mudah Merasa Panik dan Cemas yang Berlebihan

Selanjutnya, ciri-ciri depresi yang ketiga ialah mudah merasa cemas dan panik. Saat kamu tengah depresi, pikiranmu selalu dihantui dengan berbagai hal buruk dan kamu menakuti hal teresebut. Kamu akan berpikir bahwa tidak ada hal baik yang tersisa karena kamu selalu mendapatkan begitu banyak kekecewaan.

Bisa dikatakan juga sebenarnya perasaan cemas dan panik yang dirasakan adalah perwujudan dari rasa putus asa dan kehilangan harapan. Orang yang depresi merasa bahwa apapun yang telah dilakukannya tidak bisa merubah keadaan lalu berpikir bahwa dirinya dilahirkan ke dunia hanya untuk menjadi pecundang.

Merasa Rendah Diri dan Tidak Berharga

Keempat, ciri-ciri depresi yang paling umum lainnya ialah adanya perasaan rendah diri dan merasa tidak berharga. Orang yang tengah depresi akan merasa bahwa tidak ada lagi yang peduli padanya, maka dari itu ia merasa rendah diri dan tidak berharga. Kesepian pekat yang ia rasakan begitu menyiksa sehingga yang bisa dilakukan adalah berdiam diri lalu menangis.

Oleh karena itu, jika kamu melihat seseorang yang selalu murung dan menarik diri dari pergaulan maka kamu perlu waspada karena bisa jadi dia sedang mengalami depresi. Intinya, orang yang kesepian akan lebih mudah depresi, maka dari itu jangan biarkan orang disekelilingmu merasa kesepian dan tidak berharga, rangkul mereka dan katakana bahwa ada banyak orang baik yang siap berada disampingnya.

Cara Mengatasi Depresi

Ketika kamu mengalami atau melihat orang lain telah menunjukkan ciri-ciri depresi maka kamu perlu tahu cara yang tepat untuk mengatasinya karena jika tidak segera ditindaklanjuti yang terjadi bisa lebih buruk Secara garis besar, orang yang depresi sangat membutuhkan pertolongan dari orang lain untuk menangkan semua emosi dan pikiran negatif yang ada pada dirinya.

Jika sudah menemuka orang yang tepat, kamu bisa berbagi dengannya menceritakan semua yang kamu rasakan secara lepas. Kelihatan sepele, namun bercerita memiliki pengaruh yang luar biasa untuk membuat seseorang bisa meringankan beban stres yang tengah dihadapinya. Namun, jika sudah menunjukkan gejala yang parah maka sebaiknya pengobatannya perlu membutuhkan bantuan dari dokter secara intensif.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading