Sukses

Lifestyle

4 Tips Sederhana Berinvestasi untuk Masa Pensiun

Fimela.com, Jakarta Ketika berbicara tentang saham, mungkin sebagian dari Sahabat Fimela merasa bingung apa yang akan dilakukan. Setiap orang mungkin bukan ahli keuangan. Namun, seiring berjalannya waktu, dirimu harus mengerti cara berinvestasi untuk masa pensiun. Cobalah untuk mempelajari dasar-dasar melakukan investasi untuk masa pensiun sejak dini. Berikut ini cara berinvestasi untuk masa pensiun dengan cara cerdas dan bebas stres.

Ketahui Tujuan Investasi

Kemungkinan besar dirimu sudah tahu kenapa baru berinvestasi untuk masa pensiun. Tapi, mungkin dirimu tahu alasan yang salah. Ini saatnya dirimu menjelaskan mengapa dirimu ingin pensiun. Mungkin saja dirimu ingin menghabiskan banyak waktu dengan keluarga atau yang lainnya. Semua orang tentu ingin pensiun tapi bukan karena alasan yang sama. Setelah dirimu mengetahui dengan jelas mengapa pensiun penting bagimu, dirimu akan fokus untuk mewujudkannya.

Tetapkan Waktu Kapan Dirimu Mulai Berinvestasi

Memang benar jika dirimu bisa memulai investasi ketika berusia 10 tahun, dirimu akan memiliki lebih banyak uadang dari pada yang dirimu malakukan hari ini. Kenyataannya adalah kebanyakan orang tidak mulai berinvestasi sampai terlambat. Jadi jika saat ini dirimu menunggu waktu yang tepat untuk memulai berinvestasi, ini bisa kamu lakukan.

Cobalah untuk mencari tahu cara untuk berinvestasi. Masukkan semua informasi pribadi dan luangkan waktu untuk menetapkan tujuan pensiunmu. Setelah selesai, dirimu akan tahu posisimu saat pensiun nanti. Bukalah rekening untuk tabungan masa pensiun.

Mengetahui Risiko Investasi

Ketika pasar turun, kebanyakan orang panik dan menarik uangnya. Tentukan jumlah investasi berisiko dan aman yang dirimu miliki. Terlepas dari gaya investasi, dirimu perlu melihat investasi untuk masa pensiun sebagai permainan jangka panjang. Ketahuilah bahwa dalam beberapa tahun dirimu akan kehilangan uang, tetapi dapat pulih kembali dalam jangka panjang.

Komitmen

Berkomitmen untuk berinvestasi untuk masa pensiun itu sulit, tetapi terus melakukannya secara konsisten itu lebih sulit. Begitu mulai investasi untuk masa pensiun, dirimu memiliki risiko untuk berhenti. Seringkali dirimu ingin berkontribusi lebih sedikit, sehingga dirimu memiliki lebih banyak uang di saku. Itulah mengapa penting bagimu untuk membuat anggaran yang memugkinkanmu berinvestasi setiap bulan. Jika bekerja di sebuah perusahaan, dirimu dapat menetapkan persentase jumlah yang ingin digunakan untuk investasi setiap bulan.

Mempersiapkan dana pensiun sangat mungkin dilakukan sejak dini. Ini akan carilah investasi yang aman dan berbadan hukum untuk melindungi hak-hakmu.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading