4 Tips Cermat Mengelola Keuangan Bagi Pengantin Baru

Gayuh Tri Pinjungwati03 Sep 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 03 Sep 2020, 18:15 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Keuangan bisa menjadi masalah dalam rumah tangga. Perbedaan tujuan dalam keuangan  bisa menjadi masalah serius. Oleh sebab itu membicarakan masalah keuangan bersama dengan pasangan sangat perlu dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatur keuangan saat menjadi pengantin baru.

Melacak Anggaran Bersama

Penganggaran penting untuk memastikan dirimu tahu berapa banyak urang yang dihasilkan dan seberapa besar yang harus dibelanjakan. Jika dirimu tidak memiliki anggaran, sangat mudah untuk mengeluarkan uang terlalu banyak tanpa menyadarinya sehingga dirimu tidak memiliki sisa dana di akhir bulan. Menikah adalah kesempatan besar untuk membuat anggaran bersama untuk pertama kalinya atau untuk memeriksa kembali anggaran yang ada.

Luangkan waktu beberapa bulan untuk membangun dan berlatih hidup dengan anggaran bersama, kemudian lacak pengeluaran dan perbaiki anggaran agar sesuai dengan kebutuhan pengeluaranmu. Jika memiliki anggaran yang bagus saat menikah, dirimu akan siap untuk mengelola keuangan dan mematikan dapat menabung untuk masa depan.

Pertimbangkan untuk Menggunakan Asuransi Kesehatan

Ketika menikah, dirimu memiliki pilihan untuk rencana asurani kesehatan. Pasangan yang sudah menikah sering kali dapat menggunakan paket asuransi keluarga sehingga mereka berdua terlindungi. Bergantung pada kebijakan yang digunakan, dirimu mungkin dapat menghemat uang dengan mendaftar paket keluarga, alih-alih tetap menggunakan paket individu.

Diskusikan Secara Konsisten Masalah Keuangan

keuangan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Makistock

Meskipun penting untuk memastikan bahwa Sahabat Fimela dan pasangan selaras dengan prioritas dan tujuan keuangan sebelum menikah, uang harus menjadi topik yang berkelanjutan dalam hubungan. Dirimu harus meluangkan waktu berkala seperti setiap bulan atau setahun sekali untuk membahas masalah keuangan bersama. Gunakan waktu ini untuk memikirkan bagaimana kondisi keuanganmu saat ini.

Bagilah Beberapa Tanggung Jawab

Terkait dengan bekerja sama agar tetap pada jalur keuangan sebagai keluarga, penting untuk membagi tugas di antara kalian berdua. Meskipun ini berhasil untuk beberapa pasangan, jika satu orang mengelola semua uang rumah akan mudah untuk saling meributkan bagaimana mengelola. Temukan pembagian tugas yang cocok sebagai pasangan. Mungkin salah satu darimu dapat mengatur tagihan bulanan sementara lainnya membantu anggaran belanja. Hal ini dilakukan untuk membantu menghindari pertikaian karena masalah keuangan.

Jika meluangkan waktu untuk memikirkan tentang bagaimana dirimu akan mengatur keuangan rumah tangga ini akan menjauhkanmu dari pertengkaran karena masalah finansial. Buatlah anggaran yang lebih baik dan cermat agar tidak terlalu boros untuk menggunakan uang.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓