Sukses

Lifestyle

Mudahnya Investasi di Masa Pandemi Lewat Rabu Nabung

Fimela.com, Jakarta Investasi memang belum menjadi produk keuangan utama yang dipilih oleh masyarakat Indonesia. Terutama di masa pandemi, banyak orang berpikir untuk mustahil melakukan investasi. Meski demikian, Vira Widiyasari selaku VP of Fintech and Payment Tokopedia menyebut bahwa masyarakat kini mulai menyadari bahwa pentingnya mengelola keuangan dengan sedini mungkin dengan menabung sebagai sarana investasi.

Investasi tidak melulu bicara soal nilai investasi yang berjumlah besar. Ternyata, investasi bisa dilakukan mulai dari Rp5000. Tokopedia pun mengajak masyarakat untuk menjadikan kegiatan investasi sebagai bagian dari kebiasaan dalam pengelolaan keuangan.

Untuk mendorong hal tersebut, Tokopedia mengadakan Rabu Nabung yang memungkinkan masyarakat untuk berinvestasi seminggu sekali secara rutin.

"Upaya edukasi dan mendorong masyarakat berinvestasi dengan latar belakang apapun lewat reksadana dan emas di Tokopedia. Sekaligus meningkatkan literasi keuangan di Indonesia dengan menjadikannya kebiasaan. Caranya rutin seminggu sekali," ungkap Vira Widiyasari.

 

Menggunakan dua instrumen investasi

Di Tokopedia, tersedia emas dan reksadana sebagai dua instrumen investasi. Emas diperuntukkan sebagai investasi jangka panjang dan sudah menjadi primadona karena harganya yang cenderung naik. Sementara reksa dana pasar uang diperuntukkan bagi investasi jangka pendek yang memiliki risiko rendah dan keuntungan relatif tinggi.

Dua produk investasi tersebut dinilai ramah terutama bagi investor pemula. Sehingga mendorong masyarakat mengenal produk investasi yang lebih besa serta imeningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

 

Reksa Dana

Untuk reksa dana, Tokopedia telah bekerja sama dengan Bareksa yang diawasi oleh OJK. Investasi reksa dana di Tokopedia ini sudah ada sejak 2018. Hasilnya, transaksi Tokopedia Reksa Dana bertumbuh hampir 27 kali lipat dengan pertumbuhan jumlah pengguna Tokopedia Reksa Dana sebesar 57 kali lipat.

Kamu hanya perlu mendaftarkan diri di Tokopedia Reksa Dana melalui fitur Keuangan. Setelah itu, kamu bisa masukkan nilai investasi yang ingin dimasukkan mulai dari Rp10ribu.

Dalam hitungan menit kamu bisa melakukan pendaftaran dan pencairan dana secara mudah tanpa ada biaya transaksi. Keuntungan hingga 6,5 persen pertahun yang sudah bersih dari pajak membuat produk investasi ini banyak digemari.

Kamu bisa menggunakan fitur Dana Impian dan Langganan Reksas Dana untuk membiasakan berinvestasi reksa dana secara teratur. Sekaligus meningkatkan kemampuan manajemen keuangan demi mencapai tujuan finansial tertentu.

Emas

Sementara itu, Tokopedia Emas telah hadir sejak 2019 dengan menggandeng Pegadaian. Kamu tidak perlu bingung dengan harga beli emas yang semakin tinggi. Setiap belanja online di Tokopedia, bisa kamu bulatkan untuk dimasukkan sebagai pembelian Tokopedia Emas sebelum melakukan checkout.

Terdapat fitur Langganan Emas yang memudahkan kamu mengatur emas secara harian, mingguan, maupaun bulanan. Jika ingin berbagai emas, kamu bisa manfaatkan fitur Kado Emas.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading