10 Manfaat Daun Binahong yang Berkhasiat Atasi Beragam Penyakit

Imelda Rahma27 Okt 2020, 10:35 WIB
Diperbarui 27 Okt 2020, 10:35 WIB
Binahong

Fimela.com, Jakarta Ada banyak jenis daun yang berkhasiat untuk mengobati beragam penyakit, bahkan pengobatan pada zaman dulu sering mengandalkan jenis dedaunan herbal sebagai obat alternatif. Salah satu daun yang bisa dijadikan sebagai tanaman obat ialah daun binahong.

Daun binahong berasal dari tanaman binahong yang merupakan tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.

Tumbuhan ini tumbuh menjalar, berbatang lunak, berdaun tunggal, dan berbunga majemuk. Tanaman binahong dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan atau obatan herbal. Dulu orang menggunakan daun ini dengan cara di ekstraksi untuk mendapatkan sari-sari manfaatnya. Diketahui bahwa tanaman binahong ampuh dalam melancarkan peredaran darah dan mengembalikan daya tahan tubuh.

Nah, untuk kamu para pemerhati kesehatan perlu tahu infonya lebih lanjut mengenai daun binahong ini. Dilansir dari Merdeka.com, Fimela.com akan mengulas 5 manfaat daun binahong yang berkhasiat atasi beragam penyakit. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menjadi Obat Untuk Luka Bakar

Menjadi Obat Untuk Luka Bakar
Ilustrasi Luka Bakar Credit: shutterstock.com

Manfaat daun binahong yang pertama ialah mampu mengobati luka bakar. Adanya luka bakar di bagian tubuh tentu harus mendapatkan penanganan yang cepat. Dari penelitian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat.

Adapun kunci dari proses penyembuhan luka bakar ialah proses pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong. Artinya, daun binahong dapat mempercepat proses pembentukan kolagen di kulit sehingga bisa sembuh lebih cepat.

Bisa Mengobati Maag

Bisa Mengobati Maag
Ilustrasi Sakit Maag Credit: shutterstock.com

Berikutnya, manfaat daun binahong yang kedua ialah mampu mengobati penyakit maag. Daun binahong bisa menjadi solusi untuk kamu yang memiliki masalah terhadap pengaturan jam makan hingga sampai menderita maag.

Kandungan yang ada di dalam daun binahong akan membuat perut menjadi tenang. Selain mengobati maag, teratur minum jus binahong atau air rebusan binahong, juga bisa mengobati penyakit disentri pada sistem pencernaan. Mengonsumsi daun binahong bisa mengendalikan asam lambung agar tetap terkendali dan tidak naik yang menyebabkan maag kambuh.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Kanker

Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Kanker
Ilustrasi Menjaga Kesehatan Jantung Credit: unsplash.com/Giulia

Selanjutnya, manfaat daun binahong yang ketiga ialah dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini karena kandungan saponin dalam daun binahong dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini mudah saja, kamu hanya perlu menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Tambahkan gula atau madu sehingga rasanya jadi lebih manis. Resep ini dapat dikonsumsi dua kali sehari.

Tidak hanya mencegah penyakit jantung, lebih dari itu, daun binahong dapat membantu mencegah kanker. Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh. Daun binahong tinggi akan antioksidan pigmen karotenoid esensial, seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein.

Selan itu, kandungan antioksidan yang ada dalam daun binahong terbukti efektif mencegah kanker. Kamu bisa mengonsumsinya dengan merebus daun binahong dan meminum airnya 3 kali sehari.

Dapat Mengatasi Asam Urat

Dapat Mengatasi Asam Urat
Ilustrasi Asam Urat Credit: unsplash.com/Imani

Keempat, manfaat daun binahong yang tidak kalah mengagumkan ialah dapat mengatasi penyakit asam urat. Hal ini karena dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin, kadar purin yang ada didalam tubuh menjadi menurun.

Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Jadi, apabila kamu merasa telah makan hidangan seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, ada baiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

Alternatif Untuk Mencegah Diabates

Alternatif Untuk Mencegah Diabates
Ilustrasi Penyakit Diabetes Credit: pexels.com/PhotoMIX

Terakhir, manfaat dau binahong ialah bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mencegah penyakit diabetes. Sebagai informasi, kadar gula tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Jika kamu ingin mengendalikannya, selain mengatur pola makan, manfaat daun binahong juga bisa jadi pilihan.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang memiliki sifat hipoglikemik. Bahkan daun binahong dikenal memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah secara optimal dan menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes mellitus. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini
Ilustrasi Penuaan Dini Credit: unsplash.com/Pablo

Penuaan adalah efek samping lain karena stres oksidatif. Penuaan adalah proses alami, tetapi radikal bebas dapat memperburuknya. Radikal bebas merusak sel-sel kulit yang menyebabkan kulit keriput dan rusak. Antioksidan seperti Betakaroten, zeaxanthin, lutein, Vitamin A dan Vitamin C memberikan perlindungan dari radikal bebas.

Manfaat daun binahong sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Hal ini disebabkan karena daun binahong merupakan sumber Vitamin A dan Vitamin C yang melimpah. Herbal satu ini terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A dan C sudah lama dikenal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

Mengobati Jerawat

Mengobati Jerawat
Ilustrasi Wajah Berjerawat Credit: AndreaPiacquadio

Manfaat daun binahong bagi tubuh yang lainnya bisa untuk menghilangkan jerawat. Kandungan antibakteri yang terkandung di dalamnya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga kulit akan kembali mulus seperti sedia kala.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu cukup menumbuk 4-5 daun Binahong hingga halus. Selanjutnya, oleskan daun binahong yang sudah halus tersebut ke area wajah yang berjerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan cara ini dengan teratur. Selain dengan cara ditumbuk, kamu bisa memanfaatkan air rebusan daun binahong sebagai air cuci muka.

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata
Ilustrasi Mata Credit: unsplash.com/Amanda

Efek berbahaya dari radikal bebas ada pada tingkat sel. Radikal bebas ini merusak setiap sel di jalannya. Radikal bebas bisa merusak retina mata yang menyebabkan katarak atau kehilangan penglihatan mata. Antioksidan seperti vitamin A, Vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

Manfaat daun binahong dengan Vitamin A sangat penting untuk penglihatan. Daun binahong kaya akan vitamin A yang bagus untuk mata. Tidak hanya daunnya tetapi batangnya adalah sumber vitamin A.

Mempertajam Daya Ingat

Mempertajam Daya Ingat
Ilustrasi Daya Ingat Credit: unsplash.com/Jeshoots

Kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya, manfaat daun binahong dapat mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam. Tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12, misalnya, telah dikaitkan dengan risiko depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi.

Selain menjaga kesehatan organ dalam dan kulit, daun binahong juga dapat membantu tubuh rileks. Mineral, terutama magnesium dan seng dari daun binahong akan membantu merilekskan seluruh tubuh dan membuat tidur nyenyak. Magnesium dan seng juga dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Ilustrasi Sakit Perut Credit: AndreaPiacquadio

Daun binahong menawarkan serat dalam jumlah besar, sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang. Serat makanan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat menurunkan risiko resistensi insulin, diabetes, dan gangguan metabolisme.

Manfaat daun binahong dengan serat ini sangat bermanfaat bagi mereka yang berjuang dengan sembelit, kembung dan gangguan pencernaan. Nutrisi ini membantu menormalkan pergerakan usus dan mendukung kesehatan usus danmembantu mengurangi kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik, menjaga jantung berfungsi pada puncaknya. Serat bahkan dapat menekan nafsu makan dan memberi rasa kenyang dengan cepat, membuatnya ideal untuk pelaku diet.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by