Sukses

Lifestyle

4 Tips Mudah Menghindari Gaya Hidup Konsumtif

Fimela.com, Jakarta Saat ini, tekanan finansial adalah salah satu beban yang paling menyusahkan dalam hidup. Jika dirimu pernah mengalami tekanan finansial, dirimu tahu sulitnya tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar kewajiban atau tagihan. Banyak orang mengatakan bahwa uang bukanlah tujuan akhir hidup. Meskipun itu benar, uang memang memainkan peran penting. Makna kebebasan finansial berubah dengan berbagai fase kehidupan kita, tetapi pada akhirnya itu adalah sesuatu yang diperjuangkan banyak orang. Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan dengan cermat agar mendapat kebebasan finansial.

Hentikan Pengeluran yang Tidak Perlu

Kita sering menghabiskan uang di dalam hati, bukan secara obyektif. Misalnya, dirimu mungkin menghabiskan waktu saat dirimu cemas, tertekan, gelisah, kelelahan, karena takut ketinggalan atau untuk menyenangkan orang lain. ini adalah cara yang sangat tidak sehat untuk menangani keuangan. Sama seperti beberapa orang yang membuat buku harian makanan, membuat buku catatan harian pengeluaran juga sangat penting. Kesadaran diri yang meningkatkan ini dapat memungkinkanmu untuk menghindari situasi di masa depan ketika dirimu sedang mempertimbangkan pembelian impulsif.

Rencanakan Anggaran Bulanan

Ini adalah kesempatan bagus untuk serius. Duduklah dengan pasangan buat anggaran bulanan. Dirimu tidak akan pernah lagi menghabiskan lebih banyak uang daripada yang dirimu mililiki. Pengeluaran berlebihan adalah hal yang membuatmu memiliki lebih banyak kewajiban finansial. Pastikan dirimu memutuskan setiap bulan apa yang masuk dan apa yang akan keluar dan tetap berpegang pada anggaran itu, apa pun yang terjadi.

Bayar Pakai Kartu Debit

Mungkin dirimu adalah tipe orang yang selalu membayar penuh saldo kartu kreditmu sebelum akhir penagihan dan menikmati poin yang mungkin didapatkan. Jika tidak, dirimu mungkin ingin mempertimbangkan untuk membebaskan hidup dari beban yang ditimbulkan dari kartu kredit. Banyak kartu kredit memiliki strategi yang diatur sehingga jika dirimu melakukan pembayaran terlambat dalam jumlah tertentu, mereka akan menaikan tingkat bunga jauh lebih tinggi. Ini benar-benar dapat bertambah dalam jangka panjang. Tanpa kontrol diri yang tepat atas pengeluaran dan pembayaran kartu kredit, pada dasarnya dirimu membuang-buang uang. Untuk memastikan dirimu memiliki kendali atas pengeluaran ini, gunakan uang debit atau uang tunai untuk melakukan pembelanjaan.

Tingkatkan Tabungan

Tidak ada keraguan bahwa untuk masa pensiun yang nyaman, dirimu harus mengumpulkan simpanan yang memuaskan selama masa kerja. Ini praktik yang baik untuk menabung hingga 15% dari penghasilanmu.

Berikut adalah beberapa tips cermat mengatur keuangan agar mendapat kebebasan finansial. Belanjakan uangmu dengan bijak agar tak mengalami masalah keuangan yang serius.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading