3 Tips Sederhana Menghemat Uang Bagi Keluarga Besar

Gayuh Tri Pinjungwati07 Sep 2020, 12:35 WIB
Diperbarui 07 Sep 2020, 12:35 WIB
keuangan keluarga

Fimela.com, Jakarta Banyak orangtua memiliki keluarga yang besar, ramai, dan penuh kasih adalah menjadi prioritas. Keluarga-keluarga ini menemukan cara untuk menghidupi keluarga mereka, terlepas dari hambatan yang pasti mereka hadapi. Dibutuhkan kerja keras dan banyak krativitas untuk membangun keluarga besar, tetapi membesarkan keluarga besar dan membuatnya berhasil secara keuangan juga diperlukan. Berikut ini adalah beberapa tips mengehmat uang bagi keluarga besar.

Hidup Serderhana

Terkadang kita berpikir lebih banyak anak berarti kita membutuhkan lebih banyak ruang dan lebih banyak barang. Tetapi mengurangi gaya hidup dan hidup sederhana adalah mungkin bisa dilakukan bahkan dengan keluarga besar sekali pun dan ini dapat menghemat banyak uang. Mungkin para orangtua tidak membutuhkan rumah besar dengan halaman yang luas. Anak-anak dapat berbagi kamar satu sama lain, dan taman lingkungan adalah tempat yang bagus bagi anak-anak untuk bermain bebas. Mengajarkan anak-anak untuk menghargai kebersamaan daripada kemewahan tidak hanya membuat anggaran lebih rendah, tetapi juga akan mengajarkan nilai-nilai inti yang kuat.

Membandingkan Harga dengan Toko Lain

membandingkan harga
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Hananeko_Studio

Menjadi salah satu hal penting untuk membandingkan toko. Lakukan perhitungan untuk melihat apakah membeli barang dalam jumlah besar sebenarnya lebih murah daripada memberlinya dengan harga diskon di tempat lain. Selalu berbelanja dengan daftar yang jelas. Misalnya, produk dalam jumlah besar atau barang yang mudah rusak lainnya tidak tahan lama, tetapi membeli perlengkapan mandi dan perlengkapan pembersih dalam jumlah besar selalu merupakan pilihan yang baik.

Tetapkan Anggaran

Jika menghidupi keluarga besar, Mom harus berpegang pada anggaran. Sebagian besar pakar keuangan menyarankan untuk setiap bulan, memperkirakan gaji bulanan dan pengeluaran yang diharapkan untuk setiap bulan. Memperkirakan gaji yang akan digunakan dan memastikan untuk tidak meghabiskan lebih dari yang dihasilkan. Ini biasanya berarti Mom juga perlu melacak semua dari pengeluaran setiap bulan. Penganggaran akan membuat anggaran Mom tetap pada jalur pengeluarana yang cermat dan membantu mengendalikan pengeluaran yang berlebih.

Mencari tahu bagaimana untuk tetap mempertahankan keuangan ketika memiliki banyak anggota keluarga memang sangatlah penting. Mom harus cermat dalam mengelola keuangan dengan cermat.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓