Sukses

Health

Manfaat Daun Suruhan yang Bisa Dijadikan Obat Herbal Penurun Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Daun suruhan atau yang memiliki nama Peperomia Pellucida, merupakan tanaman yang sering dianggap sebagai gulma. Namun ternyata daun suruhan ini, adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk mengatasi dan mencegah banyak penyakit.

Daun suruhan juga memiliki nama lain seperti sladanan, saladaan, rangu-rangu, ketumpangan ayer atau gofu doroho. Tumbuhan ini hidup di persawahan atau di dalam media yang lembap. Tanaman ini memiliki ciri-ciri tinggi 10 hingga 20cm, dengan batang yang tegak, lunak dan memiliki warna hijau muda. Sayangnya, tanaman yang satu ini sering diabaikan masyarakat Indonesia.

Daun suruhan atau daun sirih cina ini, memiliki kandungan alkaloid, flavonoids, saponins, terpenoids, steroids dan glycosides. Selain itu, tanaman herbal ini juga memiliki kandungan zat phytol, stigmasterol, sitosterol, peperomins, sesamin dan isoswertisin yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun suruhan yang bisa dijadikan obat herbal penurun kolesterol:

Manfaat Daun Suruhan

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun suruhan yang pertama, yaitu bisa membantu menurunkan kolesterol. Kandungan kolesterol yang tinggi di dalam tubuh, dapat mengakibatkan sakit jantung, yang sangat berbahaya dan mematikan untuk tubuh manusia. Daun suruhan memiliki kandungan yang kaya akan antioksian yang membantu mencegah penumpukan kolesterol jahat, atau yang biasa disebut dengan LDL yang berada di dalam pembuluh darah. Jika di dalam tubuh manusia memiliki LDL yang tinggi, maka bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, yang bisa memicu serangan jantung yang kronis, dan bisa berujung pada kematian.

2. Menurunkan Resiko Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis, yang disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi. Sebenarnya kadar gula darah atau glukosa ini, memiliki fungsi sebagai penambah energi di dalam manusia. Namun glukosa yang menumpuk terlalu banyak, bisa menyebabkan gangguan pada organ di dalam tubuh. 

Diabetes juga bisa disebabkan karena faktor keturunan, dan juga pola hidup yang kurang baik. Maka dari itu, agar terhindar dari penyakit diabetes, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi daun suruhan, yang baik untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Manfaat Daun Suruhan

3. Mengatasi Migrain

Manfaat mengonsumsi daun suruhan yang berikutnya bisa membantu mengatasi migrain. Sakit kepala atau migrain, sering kali muncul secara mendadak. Sakit kepala kadang terjadi sebagai penanda tubuh kurang sehat, atau tubuh sedang dehidrasi. Untuk mengobati sakit kepala atau migrain, kamu bisa merebus air dengan daun suruhan secara berkala. Daun suruhan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

4. Mencegah Sakit Ginjal

Daun suruhan memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Penyakit ginjal bisa disebabkan karena keturunan, memiliki riwayat penyakit seperti jantung, obesitas, dan juga pola hidup yang kurang baik. Kamu bisa menggunakan beberapa lembar daun suruhan yang segar, kemudian cuci daun suruhan sampai bersih. Setelah itu rebus daun suruhan dan konsumsi secara teratur.

5. Mengatasi Jerawat

Selain bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh, mencegah dan mengobati beberapa penyakit kronis, daun suruhan juga sangat baik dijadikan sebagai obat jerawat. Daun suruhan memiliki kandungan yang bersifat antibakteri, sehingga bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Sifat dari kandungan yang ada di dalam daun suruhan, juga bisa membantu mengatasi peradangan pada kulit yang berjerawat. Kamu bisa merebus air daun suruhan, lalu membasuhnya ke wajah pada malam hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading