Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Buah Zuriat yang Jarang Diketahui, Baik untuk Kehamilan dan Kesuburan Pria

Fimela.com, Jakarta Buah zuriat termasuk salah satu jenis buah yang kurang familiar dan bisa jadi kamu juga belum tahu dan belum pernah melihat buah ini secara langsung. Namun, siapa sangka ternyata buah ini mengandung sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kehamilan.

Sebagai informasi, didalam buah zuriat terkandung bahan makanan yang kaya akan karbohidrat dan serat. Selain itu, buah ini juga mengandung makronutrisi, seperti beraneka ragam vitamin terutama jenis vitamin B dan mineral seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Bahkan beberapa studi pun menyebutkan apabila terdapat manfaat buah zuriat lainnya yaitu sebagai sumber antioksidan dan antibakteri yang baik. Manfaat buah zuriat tersebut berasal dari kandungan fenol dan flavonoid yang tinggi.

Buah dengan nama latin Hyphaene thebaica ini cukup dikenal luas sebagai pohon palem Afrika. Habitat asli dari buah zuriat sendiri berada di sekitar hulu sungai Nil, Mesir. Buah zuriat memiliki bentuk bulat dengan ukuran 6x5 cm.Warna dari buah ini yaitu kuning hingga cokelat dan memiliki rasa yang manis seperti roti jahe.

Nah, untuk kamu yang mulai penasaran dengan buah unik yang satu ini, kamu perlu melihat manfaat apa saja yang terkandung didalamnya. Dilansir dari Liputan6.com, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat buah zuriat yang jarang diketahui, baik untuk kehamilan dan kesuburan pria. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah zuriat yang pertama adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini pun sesuai dengan hasil penelitian berjudul The Beneficial Dietary Hypotensive and Hypolipidaemic Effects of Hyphaene Thebaica (Doum) yang dipublikasikan oleh The Internet Journal of Alternative Medicine pada tahun 2008 lalu, hasilnya menunjukkan bahwa ada penurunan yang signifikan pada kolesterol total, trigliserida, dan LDL.

Tidak hanya itu saja, ditemukan juga peningkatan HDL yang signifikan dan ada penurunan rasio LDL/HDL yang juga cukup signifikan. Hal ini akan membantu dalam mengurangi pembentukan ateroma di dinding arteri (aterosklerosis), sehingga mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Selain itu, penurunan konsentrasi trigliserida dalam darah juga dapat membantu menurunkan jumlah LDL.

Hasil penelitian ini tentu akan menjadi kabar yang menggembirakan bagi penderita penyakit koleterol, sebab sesuai dengan hasil penelitian dari National Cholesterol Education Program pada tahun 2002, yang menyarankan bahwa kadar kolesterol darah total normal seharusnya berada di tingkat <200 mg/dl, dan tingkat LDL yang disarankan harusnya kurang dari 100 mg/dL, meskipun target yang lebih baru <70 mg / dL dapat dipertimbangkan pada individu yang berisiko lebih tinggi.

Melindungi Tubuh dari Bahaya Radikal Bebas

Berikutnya, manfaat buah zuriat yang kedua ialah diyakini dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Hal ini karena terdapat kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh ada di dalam buah zuriat ini, seperti flavonoid, fitokemikal, dan hidrosinemat.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah zuriat ini juga mendukung hasil dari penelitian yang dibahas dalam poin sebelumnya. Sebab, antioksidan sangat baik dalam menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh dan menjaga kadar kolesterol baik tetap stabil. Hal terebut tentu tidak terlepas dari adanya senyawa yang bisa menurunkan level tigliserida di dalam tubuh.

Bisa Mengontrol Tekanan Darah

Selanjutnya, manfaat buah zuriat yang jarang diketahui ialah dapat mengontrol tekanan darah. Ekstrak dari buah zuriat ternyata efektif menjaga tekanan darah menjadi lebih stabil, hingga pada akhirnya dapat menhindarkan tubuh mengalami hipertensi.

Manfaat ini bisa didapatkan dari buah zuriat karena kandungan vitamin B1, B2, dan B3 yang terdapat di dalamnya. Kandungan lain seperti kalsium, protein, dan fosfor juga tidak lepas dalam membantu peredaran darah menjadi lebih optimal.

Menyehatkan Kehamilan

Keempat, manfaat buah zuriat lainnya yang jarang diketahui ialah bahwa buah ini ternyata dapat menyehatkan kehamilan. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine, buah zuriat memiliki kandungan folat yang dangat tinggi. Kandungan folat tersebut sangat baik dalam membantu proses tumbuh kembang janin.

Selain itu, kandungan asam folat juga berfungsi untuk mencegah timbulnya risiko kelainan saraf pada bayi dan akhirnya lahir cacat. Buah zuriat juga ternyata akan berguna untuk memperkecil risiko keguguran. Maka tidak heran, jika ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah zuriat untuk menjaga kesehatan calon buah hatinya hingga tiba proses persalinan.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Terakhir, manfaat buah zuriat yang jarang diketahui ialah dapat meningkatkan kesuburan pria dalam berhubungan. Hal ini karena ketika mengonsumsinya, buah ini menjaga kesehatan dan kesuburan dari pria.

Kesuburan yang terjaga pastinya juga akan berpengaruh terhadap kualitas sperma. Dengan kata lain, buah zuriat akan membantu dalam menjaga kualitas sperma. Itulah mengapa, tidak heran apabila buah ini selalu diburu oleh pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading