Sukses

Lifestyle

5 Hal yang dapat Dilakukan saat Menerima Gaji Pertama

Fimela.com, Jakarta Mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus dari perguruan tinggi atau sekolah menengah adalah hal yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Dirimu mungkin akan kewalahan dengan banyak tantangan, peluang, dan komitmen baru. Salah satu tantangan baru dan terbesar mungkin adalah pengelolaan uang dan keuangan pribadi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan saat menerima gaji pertama kerja.

Memahami Tentang Gaji

Mungkin dirimu akan merasa bahagia dan senang ketika menerima gaji pertama bekerja. Melihat uang masuk di rekeningmu, ini akan menjadi saat yang tepat untuk belajar bagaimana mengelola uang dengan bijak baik untuk saat ini maupun untuk masa depan.

Buat Anggaran

Setelah memiliki gambaran tentang berapa gaji, tentukan pengeluaran dengan mengamati situasimu. Catat berapa banyak uang sewa tempat tinggal jika kamu mengkos atau kontrak rumah, bayarkan setiap bulan. Membuat anggaran dapat dilakukan dalam beberapa langkah mudah. Penting bagimu untuk membuat rencana pengeluaran ini sesegera mungkin agar tidak mengalami kesulitan keuangan di kemudian hari.

Rencanakan untuk Menabung

Cara terbaik untuk mulai menabung dan menjadikannya kebiasaan rutin adalah dengan membuat rencana membuka rekening baru untuk tabunganmu. Jika memiliki sejumlah uang yang disisihkan dari setiap gaji, cobalah untuk segera memasukkan ke rekening tabunganmu. Ini juga mempersiapkanmu untuk pengeluaran yang tidak terduga adalah bagian dari tanggung jawabmu.

Menabung untuk Masa Pensiun

Jika dirimu seperti kebanyakan orang muda yang memulai pekerjaan pertamamu, pensiun sepertinya akan berakhir selamanya. Meskipun benar bahwa dirimu memiliki 40 tahun atau lebih sampai dirimu pensiun, jangan menunggu untuk mulai menabung. Bahkan jumlahnya yang sangat kecil dapat mulai bertambah berkat adanya bunga di bank.

Hadiahi Diri Sendiri

Dirimu telah bekerja keras untuk menyelesaikan sekolah dan mendapatkan pekerjaan hebat itu dan dirimu pasti mendapatkan gaji. Hadiahi dirimu sendiri karena rajin dan menyiapkan anggaranmu.

Berikut tadi beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk gaji pertamamu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading