Rencana Segera Dibuka, Ketahui Risiko Menonton Film di Bioskop selama Pandemi

Annissa Wulan23 Sep 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 23 Sep 2020, 13:30 WIB
nonton bioskop

Fimela.com, Jakarta Sejak pandemi dimulai, berapa lama kamu tidak menonton film di bioskop? Untuk memahami apakah menonton film di bioskop aman atau tidak, kamu perlu memahami bagaimana COVID-19 itu menyebar.

Bioskop adalah lingkungan tertutup tempat banyak orang duduk dalam waktu lama. Jenis lingkungan yang sebenarnya harus dihindari selama pandemi, karena tidak adanya ventilasi untuk menurunkan risiko penyebaran virus.

Namun, The Atlantic melaporkan bahwa mengenakan masker dan tidak berbicara dapat menurunkan tingkat penularan COVID-19. Dalam skema yang besar, pergi ke bioskop tidak terlalu berisiko daripada pergi ke gym atau bar dan memiliki risiko yang sama dengan berpergian menggunakan pesawat selama 2 jam, seperti dilansir dari bustle.com.

 

Risiko penularan COVID-19 dengan menonton film di bioskop

Ilustrasi bioskop
Ilustrasi bioskop. Sumber foto: unsplash.com/Denise Jans.

Namun, menonton film di bioskop selama pandemi tentu tetap memiliki risiko penularan COVID-19. Pastikan kamu tidak melakukan kontak dengan kerabat yang telah lansia atau individu dengan kondisi medis tertentu, yang memiliki risiko komplikasi COVID-19 yang lebih tinggi.

Kamu juga harus memahami seberapa besar risiko penularan COVID-19 di daerah sekitarmu. Selain itu, cari tahu juga tindakan pencegahan apa yang dilakukan bioskop jika dibuka selama pandemi, seperti pemeriksaan suhu tubuh, membatasi kursi, atau meningkatkan sistem ventilasi.

Menjaga jarak sejauh 6 kaki dan memakai masker jelas bermanfaat dan cenderung mengurangi risiko penularan hingga lebih dari 80%. Jadi, apakah kamu tetap akan menonton film di bioskop selama pandemi masih berlangsung?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓