Inovasi Canggih untuk Pengalaman Belajar di Rumah yang Semakin Praktis dan Menyenangan bagi Anak

Nabila Mecadinisa18 Sep 2020, 07:30 WIB
Diperbarui 18 Sep 2020, 07:30 WIB
HP Print, Play, & Learn

Fimela.com, Jakarta Belajar di rumah jadi aktivitas yang harus dilakukan di masa pandemi. Situasi seperti ini tentu membuat orang tua harus kreatif menghadirkan cara untuk terapkan metode belajar dan aktivitas yang lebih menyenangkan dan mudah dilakukan oleh anak.

Begitu juga dengan para orangtua, yang harus kreatif dan tak boleh kehabisan ide untuk sajikan aktivitas seru bagi anak. Dengan perkembangan teknologi yang serba canggih dan inovatif, HP Inc. Indonesia hadirkan sebuah platform baru berupa HP Print, Play & Learn, dengan beragam aktivitas yang tersedia berdasarkan kategorisasi usia anak-anak, sehingga proses belajar di rumah akan lebih mudah dan menyenangkan. 

Tim Fimela.com juga berhasil mewawancarai langsung Fiona Lee, yang merupakan President Director HP Inc. Indonesia, untuk menelaah tentang Studi New Asian Learning Experience dan program-program lainnya bersama HP. Penasaran tentang fakta-faktanya? Simak selengkapnya berikut ini.

Fimela: Bagaimana cara HP untuk mengkampanyekan HP Print, Play & Learn agar mudah diterima oleh pasar, dan dapat beradaptasi dengan orang tua yang canggung terhadap perkembangan teknologi?

Fiona Lee: HP Print, Play & Learn merupakan sebuah platform online gratis dengan kegiatan kerajinan yang dikurasi untuk memastikan bahwa generasi muda bisa terus belajar di rumah, serta membantu orangtua dan guru di Indonesa untuk dapat terus mendukung tumbuh kembang anak dan prosws belajar dari rumah.

Platform ini dihadirkan secara gratis dan mudah diakses di situs resmi HP Inc. Indonesia. Dirancang secara ramah, maka orangtua bisa memilih jenis aktivitas yang ingin dicetak dengan mudah. Aktivitas yang dihadirkan cocok untuk usia 2 hingga 12 tahun, sehingga anak-anak dan para pendidik dapat mencoba keseruan mengerjakan aktivitas, mulai kerajinan tangan, labirin, menggambar, teka-teki, dan lain sebagainya, dengan printer HP selama berjam-jam.

Bagi para orangtua yang lebih nyaman menggunakan smartphone, HP Print, Play & Learn mudah diakses dengan mengunduh aplikasi HP Smart dismartphone mereka. Setelah semua perangkat terhubung, mereka dapat mulai menjelajahi berbagai materi cetak dengan mudah dari genggaman. Kami mengkomunikasikan pembaruan HP Print, Play & Learn melalui media sosial kami dan memperluas aktivitas menyenangkan di platform kami dengan berkolaborasi dengan Mom influencer Indonesia, seperti Rahne Putri dan Ankatama Ruyatna, yang berbagi tentang bagaimana aktivitas menggunakan materi cetak dari HP Print, Play & Learn menyenangkan, mudah, dan kolaboratif untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama putra mereka. Hingga saat ini, 42.255 orang Indonesia telah mengunjungi situs HP Print, Play & Learn (89% mengakses situs dari smartphone mereka) untuk membantu anak-anak belajar dengan cara yang berarti di rumah, dengan amplop origami dan halaman mewarnai hewan sebagai kegiatan favorit keluarga Indonesia.

Hadirkan fitur yang mudah dan tanpa batas

HP Print, Play, & Learn
HP Print, Play, & Learn, sebuah platform yang hadir untuk tingkatkan kemampuan belajar si kecil dengan cara yang semakin menyenangkan.

Fimela: Bagaimana cara agar aktivitas belajar anak lebih menyenangkan? dan fitur apa yang membuat orangtua lebih mudah menggunakan HP Print, Pkay & Lear agar semakin mudah digunakan di tengah kesibukan?

Fiona Lee: Dalam proses belajar, orangtua perlu mengarahkan ketertarikan alami anak untuk belajar dan mencari inspirasi melalui pendidikan dan proses belajar melalui pengalaman yang menyenangkan. Misalnya, ketika orangtua dan guru ingin mengasah kemampuan matematika dan linguistik anak. Konsep matematika dapat dieksplorasi melalui story telling dengan berbagai materi yang tersedia di internet, kemudian dilengkapi soal latihan dengan menggunakan materi cetak.

Orangtua juga dapat melatih keterampilan linguistik anak-anak mereka dengan materi cetak, seperti kartu flash. Wawasan ini didukung oleh HP New Asian Learning Experience Study yang menunjukkan bahwa meskipun materi cetak dan digital memiliki kelebihannya masing-masing, namun kombinasi keduanya paling efektif dalam membantu anak-anak Indonesia tetap fokus dan terhubung saat mereka belajar.

Studi kami juga menemukan bahwa orangtua di Indonesia meningkatkan keterampilan linguistik anak mereka dengan materi cetak (50,2%) dan keterampilan musik dengan platform digital (53,1%). Mereka juga menggunakan gabungan media cetak dan digital untuk meningkatkan kemampuan matematika (60%) dan linguistik (52,7%). HP Print, Play & Learn memfasilitasi kombinasi pembelajaran digital dan cetak, sehingga orangtua dapat dengan mudah memilih dari berbagai materi cetak yang tersedia. Platform ini memiliki lebih dari 600 aktivitas belajar dan bermain yang dikembangkan secara kolaboratif dengan mitra, seperti Canva, Crayola, WWF, Time for Kids, dan banyak lagi untuk membuat lembar kerja, halaman mewarnai, dan teka-teki yang dikurasi khusus agar proses belajar tetap menarik. Kami juga membuat HP Print, Play & Learn tetap praktis bagi para orangtua yang memiliki jadwal padat,sehingga dapat diakses melalui HP Smart App pada smartphone.

Sebagai inovasi dari HP Inc. yangmendukung mobilitas bagi pelanggan kami di mana pun mereka berada, HP Smart App dapat diunduhpada smartphone untuk membuat pencetakan nirkabel menjadi nyaman dan mudah dari genggaman.

Tren aktivitas belajar di rumah

HP Print, Play, & Learn
HP Print, Play, & Learn, sebuah platform yang hadir untuk tingkatkan kemampuan belajar si kecil dengan cara yang semakin menyenangkan.

Fimela: Jenis aktivitas belajar dan bermain apa yang menjadi tren saat ini?

Fiona Lee: Studi HP New Asian Learning Experience menunjukkan bahwa 52,7% orangtua di Indonesia lebih memilih kombinasi cetak dan digital untuk mengajarkan bahasa dan sastra, sedangkan 60% diantaranya lebih memilih kombinasi cetak dan digital untuk mengasah kemampuan matematika. Selain itu, studi tersebut juga mengungkapkan bahwa 83% orang tua di Indonesia mendorong anak-anak mereka untuk belajar melalui pengalaman yang melibatkan berbagai panca indera. Ada berbagai cara bagaimana anak-anak belajar, dan yang paling efektif adalah dengan menggabungkan materi cetak dan digital. Kami percaya, bahwa penggabungan belajar sambil bermain dapat membuat anak-anak tetap terhubung dan lebih fokus. Melalui HP Print, Play & Learn, HP menawarkan berbagai aktivitas yang menantang cara berpikir kreatif anak-anak dengan berbagai pilihan yang telah dikurasi dan dikategorikan berdasarkan kelompok usia untuk memanfaatkan waktu berkualitas orangtua dengan anak-anak.

Dengan rangkaian PC HP, seperti HP Elite Dragonfly yang dapat digunakan untuk menggambar, HP berupaya untuk memfasilitasi proses belajar dengan teknologi. Hal ini memungkinkan para orangtua untuk memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk belajar dari rumah dan melakukan pembelajaran online. Dari memilih musik hingga mengembangkan keterampilan kreatif, HP akan berevolusi seiring dengan perkembangan tren untuk membantu para orangtua beradaptasi dengan perubahan, namun tetap produktif ketika menghabiskan waktu dengan anak-anak mereka.

Fimela: Di era pandemi seperti saat ini, tentu membuka mata kita untuk lebih membuka mata dengan teknologi. Tak hanya orangtua saja, namun anak-anak dan institusi juga harus mulai berinvestasi pada teknologi. Bagaimana cara kita untuk memilih perangkat kerja yang ideal untuk mendukung aktivitas bermain, belajar, hingga bekerja, untuk keluarga di rumah?

Fiona Lee: Di tengah semua perubahan aktivitas yang ada dan penerapan pembatasan sosial skala besar (PSBB),tren bekerja dan belajar dari rumah telah menghasilkan permintaan yang stabil untuk inovasi teknologi di portofolio PC dan cetak kami saat pelanggan kami bekerja, belajar, dan berpenghasilan dari rumah. Pergeseran kebutuhan pelanggan juga muncul karena penyesuaian khusus ketika berbagi ruang bersama keluarga saat bekerja, belajar, dan bermain di rumah, mulai dari kebutuhan peredam suara pada speaker laptop kami saat bekerja dari ruang keluarga hingga fitur privasi dan keamanan dari mana saja di rumah. Ancaman keamanan berkembang dan mengganggu operasional bisnis setiap harinya. Sebagai perusahaan teknologi, kami memahami situasi saat ini dapat menjadi tantangan bagi karyawan atau pemilik bisnis yang khawatir tentang keamanan data mereka.

HP Inc. baru-baru ini menunjukkan kepemimpinan berkelanjutan perusahaan dalam keamanan PC dengan mengumumkan solusi keamanan canggih untuk memberikan perlindungan lengkap bagi ancaman bisnis dan tenaga kerja jarak jauh perusahaan. Dari lini PC, kami bersyukur telah melihat peningkatan kepercayaan di Indonesia, dengan permintaanyang terus meningkat untuk produk-produk seperti perangkat HP EliteBook dan HP ProBook.

Portofolio printer rumah kami, termasuk HP Smart Tank dan HP Ink Advantage, juga mengalami peningkatan permintaan karena orang-orang mengalihkan lingkungan kerja mereka dari kantor ke rumah, serta sejak anak-anak belajar dan melakukan proyek kreatif di rumah. Seiring berjalannya waktu, HP akan segera meluncurkan produk baru pada seri printer HP Ink Advantage untuk keluarga masa kini yang menjalani kehidupan dinamis dan padat waktu di mana pekerjaan, sekolah, dan kegiatan lainnya bersinggungan. Pencetakan masih menjadi bagian penting dari kehidupan kita, khususnya di Indonesia. Melalui inovasi HP Smart App, HP Inc. memudahkan mobilitas para pelanggan kami di manapun mereka berada. Ini berarti membuat pencetakan dan pengelolaan tugas admin menjadi mudah, nyaman, serta fleksibel.

Berinovasi agar HP bisa diterima di masyarakat luas

HP Print, Play, & Learn
Fiona Lee, yang merupakan President Director HP Inc. Indonesia.

Fimela: Bagaimana upaya HP agar perangkat seperti ini lebih bisa dijangkau oleh masyarakat luas?

Fiona Lee: Dengan perubahan tren ke arah bekerja, belajar dan bermain dari rumah, HP telah memutar strategi kami untuk memasukkan pergeseran ke penjualan online, serta peningkatan akses dan layanan pelanggan sejalan dengan kebutuhan bisnis dan konsumen lokal kami. HP memastikan produk dan layanan kami tersedia untuk pelanggan nasional. HP Online Store dapat diakses oleh siapa saja di seluruh Indonesia, menampilkan semua produk kami yang tersedia untuk berbagai kebutuhan teknologi dan para pelanggan Indonesia dapat mengirimkan pembelian mereka langsung ke rumah.

Di Indonesia, HP telah meningkatkan dukungannya terhadap pelanggan melalui infrastruktur yang lebih tangguh untuk melayani pelanggan dengan cara baru. HP Support tersedia di WhatsApp dari Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Para pelanggan dapat mengunjungi http://hp.care/digital-ID untuk status perbaikan, mencari lokasi pusat layanan, pemeriksaan garansi,layanan pemesanan, dan video support. Semua jam operasional service center akan mengikutiperaturan pemerintah. HP menyediakan layanan pengambilan, perbaikan, dan pengembalian laptop di kota-kota yang tidak memiliki Pusat Layanan Resmi HP atau Titik Layanan Resmi. Layanan di tempat pada hari kerja yang sama tersedia untuk HP Smart Tank PHA dan layanan di lokasi akhir pekan tersedia untuk Printer HP Smart Tank. Selain HP Online Store resmi, kami juga bekerjasama dengan mitra online untuk memastikanaksesibilitas ke teknologi HP terpercaya dan andal, sehingga memungkinkan masyarakat Indonesiaberadaptasi dan berkembang. Produk HP tersedia di toko resmi HP di Lazada, Shopee, Tokopedia,BliBli.com, dan JD.ID.

Fimela: Apakah ada CSR dari HP untuk membantu industri pendidikan bagi masyarakat yang kurang beruntung?Apalagi dengan situasi seperti saat ini.Fiona Lee: HP berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Fiona Lee: HP baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membuka 20 Tech Hubs di komunitas yang kurang beruntung di seluruh Asia Tenggara pada akhir 2020, sebagaimana diuraikan dalam HP Sustainable Impact Report 2019. Program ini memberikan pelatihan teknologi dan kewirausahaan bagi siswa usia13 tahun ke atas dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan 10.000 pemuda pada akhir tahun, sebuah tujuan yang memetakan komitmen HP untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik bagi 100 juta orang pada 2025. Dilengkapi dengan 15 hingga 20 PC baru serta dukungan jaringan dari HP, HP Tech Hubs memadukanruang kelas dan pembelajaran online untuk memberikan keterampilan teknis dan soft skill yang penting bagi anak muda untuk berkembang.

Ini termasuk Microsoft Office, coding, komunikasi bisnis, penerapan pola pikir sukses, dan cara memulai bisnis kecil – yang diajarkan oleh instruktur atau diakses secara online. Terdapat pula kursus kewirausahaan yang diadaptasi dari HP LIFE, program tidak berbayar dari HP Foundation yang menawarkan modul kewirausahaan, pemasaran, dan pengembangan bisnis. Parasiswa juga akan menerima sertifikat untuk kursus yang mereka selesaikan.

Enam Tech Hubs telah didirikan di Lombok dan Jakarta, Indonesia, serta Kuala Lumpur, Malaysia. HPTech Hubs telah membantu dan memberikan pelatihan pendidikan kepada 1,3 juta siswa dan orangdewasa di seluruh wilayah. Hubs yang tersisa direncanakan akan menjangkau Malaysia, Indonesia,Thailand, Vietnam, dan Filipina pada akhir tahun. Dalam upaya untuk mendukung pembelajaran bagi pemuda-pemudi yang berada di fase memasuki dunia kerja, HP telah memulai tiga program yang menjangkau lebih dari 200 siswa berusia antara 15 dan 25 tahun pada 95 sekolah dari 8 kota di Indonesia. Berkolaborasi dengan Junior Achievement, program ini bertujuan untuk membekali para siswa dengan keterampilan yang mereka perlukan di dunia kerja modern melalui bimbingan dan pelajaran masterclass dengan para ahli dari HP. Ini termasukbimbingan dan simulasi bisnis dunia nyata di bidang pemasaran digital, branding dan hubungan masyarakat, keterampilan melakukan presentasi, serta penelitian dan pengembangan (R&D).

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓