7 Cara Jatuh Cinta Bisa Mengubah Kepribadianmu Menjadi Jauh Berbeda

Febi Anindya Kirana20 Sep 2020, 10:15 WIB
Diperbarui 20 Sep 2020, 10:15 WIB
jatuh cinta

Fimela.com, Jakarta Jatuh cinta itu unik, terutama dalam hal mengubah kepribadian seseorang. Seseorang bisa menjadi sangat berbeda dari yang kita kenal sebelumnya ketika jatuh cinta. Tapi sebesar apa cinta dapat mengubah seseorang? Cek daftarnya seperti berikut, dilansir dari Yourtango.

1. Perasaan campur aduk antara bahagia dan cemas

Saat jatuh cinta otak secara alami akan melepaskan hormon oksitosin, yang mana membuatmu bahagia. Karena merasa dicintai membuatmu lebih ceria. Tapi sebuah penelitian yang dilakukan di State University of New York juga menemukan bahwa jatuh cinta bisa membuatmu cemas karena rasa sayang membuatmu takut kehilangan dan ditinggalkan.

2. Membuatmu kecanduan

Menurut penelitian, sikapmu mirip seperti orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan terlarang karena jatuh cinta membuatmu kecanduan. Kecanduan ingin bertemu dengannya dan kecanduan rasa bahagia yang sulit dijelaskan ketika bertemu orang yang kamu suka.

3. Kamu mampu mengambil risiko

menikah
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Kamu sadar kamu biasanya penakut dan tidak suka ambil risiko. Tapi ketika bersamanya, kamu seakan memiliki keberanian entah dari mana untuk melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan. Misalnya kamu takut pergi jauh sendirian dan takut naik pesawat, tapi kamu memutuskan membeli tiket ke luar negeri untuk menemuinya. Atau kamu memutuskan bolos kelas dulu saat kuliah hanya untuk kencan padahal kamu terkenal rajin dan kutu buku. Atau berani melanggar norma dan pandangan masyarakat hanya karena cinta. Hal-hal semacam itu.

4. Kamu overprotektif

Sebuah penelitian dari Florida State University menemukan bahwa cinta mampu membuat seseorang jadi lebih ingin melindungi orang yang dicintainya. Kamu ingin ia aman dan selamat, terjaga dan terhindar dari bahaya. Sekuat itu cinta membuatmu lebih peka.

 

5. Kamu tak bisa fokus

pasangan cinta
ilustrasi pasangan cinta/Photo by JD Chow on Unsplash

Penelitian dari University of Maryland menemukan, jatuh cinta bisa mengganggu kemampuan seseorang dalam berkonsentrasi. Perhatianmu sering teralihkan ketika merasa jatuh cinta di awal. Orang bilang sedang 'kasmaran'. Ketika ini terjadi, yang ada di dalam pikiranmu hanyalah dia seorang. 

6. Emosimu lebih stabil

Uniknya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality menemukan bahwa jatuh cinta membuat emosi seseorang lebih stabil dari biasanya. Seakan orang yang dicintai punya remot kontrol yang mampu membuatmu tenang dan tak mudah marah.

7. Membuatmu tidak objektif

Pernah sadar bahwa seringkali kamu jadi lebih membela orang yang kamu suka meskipun secara logika ia yang salah? Karena cinta mampu mengaburkan penilaian seseorang dalam hal subjektif dan objektif. Cinta itu buta, penelitian sudah membuktikan

Wah, kira-kira manakah pengaruh cinta yang mengubahmu jadi orang lain, Sahabat Fimela?

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓