4 Tips Simpel Tidak Gampang Stres Mengatur Uang Sendiri

Endah Wijayanti15 Sep 2020, 13:15 WIB
Menabung

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang uang bukan segalanya. Hanya saja uang tetaplah kita butuhkan dalam kehidupan. Mengatur keuangan, membuat rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu, mewujudkan impian melalui perencanaan finansial yang baik, rencana investasi dan membeli rumah, hingga pengalaman terkait memberi utang atau berutang pasti pernah kita alami. Banyak aspek dalam kehidupan kita yang sangat erat kaitannya dengan uang. Nah, dalam Lomba Share Your Stories September 2020: Aku dan Uang ini Sahabat Fimela semua bisa berbagi tulisan terkait pengalaman, cerita pribadi, kisah, atau sudut pandang terkait uang. Seperti tulisan berikut ini.

***

Oleh: Bening Ayu Az hara

Uang? Duit? Money? Tentu kata itu sudah tak asing lagi ya di telinga kita. Apalagi kalau kita punya uang banyak, hm, rasanya jadi pengen beli semuanya, tapi kalau habis, jadi pengen nangis.

Haduh, memang cukup susah ya mengendalikan uang, tapi saya punya tips yang akan saya tulis di sini untuk membantu kamu yang mungkin sedang bingung dan resah. Mau belanja, takut kebablasan. Nggak belanja? Kok malah terasa aneh ya?

Solusi untuk kamu yang mau tetap bisa belanja dan tetap bisa menyisihkan uang untuk ditabung adalah:

1. Catat keperluan pribadimu atau keperluan penting lainnya, misal, makanan, tagihan, dan lain-lain.

2. Jika waktu gajian datang, lihat catatan itu dan bayar/beli keperluan penting itu.

3. Sudah dibayar dan beli? Masih ada sisa? Walau sedikit, itu bisa kalian sisihkan. Taruh di celengan atau tempat mana pun yang susah kalian jangkau. Jadi nggak ada cerita celenganmu bakal kamu ambil sediki demi sedikit. Kecuali jika ada kebutuhan mendadak yang memang harus kamu beli dan kamu nggak punya uang sama sekali.

4. Jika kira-kira tabunganmu sudah cocok dengan harga barang yang ingin kamu beli, maka kamu bisa langsung ambil uang itu dan beli deh.

Simpel kan? Itu cara saya jika ingin belanja ini itu tanpa harus khawatir si uang ini akan lenyap dari dompet saya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca!

#ChangeMaker