4 Tips Cerdas Mendapatkan Lebih Banyak Penghasilan Sebagai Freelancer

Gayuh Tri Pinjungwati15 Sep 2020, 16:15 WIB
freelance

Fimela.com, Jakarta Freelancer atau pekerja lepas, mungkin memiliki kelebihan seperti memiliki waktu bekerja yang lebih fleksibel. Selain itu, menjadi pekerja lepas tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda dengan pekerja full time di sebuah kantor. Bagi para freelancer mereka belajar untuk mikirkan banyak hal termasuk harus menangani semua pekerjaan dengan sendiri baik saat bertemu dengan klien atau saat produksi.

Pada akhirnya mereka mempelajari tentang bagaimana memaksimalkan apa yang dapat mereka lakukan untuk menghasilkan lebih banyak uang dan mencari banyak peluang. Berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan banyak uang bagi seorang freelancer.

Buat Portofolio Sebaik Mungkin

Ada beberapa cara untuk membuat dirimu terlihat hebat sebagai freelancer dan salah satunya yaitu dengan membuat portofolio online. Jika dirimu belum memilikinya, buat sekarang. Ini akan memberi calon klien cara cepat dan mudah untuk melihat apa yang telah dirimu lakukan, dan apa yang dapat dirimu tawarkan. Luangkan waktu untuk menyoroti pekerjaan terbaikmu dan keterampilan serta pengalaman yang membedakan dirimu dari orang lain.

Fokus pada Kemampuanmu

Luangkan waktu untuk menemukan ceruk pasar. Jika dirimu bisa menjadi orang yang tepat untuk fotografi e-commerce bisnis kecil di ritel. Ini akan memberikanmi pengaruh ketika berbicaa tentang peluang dengan kline karena dirimu mungkin dapat mengembangkan pengalaman yang khusus untuk kebutuhan klien.

Jangan Biarkan Rasa Takut Menahanmu

Ilustrasi. Freelance
Ilustrasi. Freelance

Seringkali mendapatkan email dari orang-orang yang telah melihat portofoliomu, dan melihat apa yang dapat dirimu tawarkan, tetapi mungkin ini bisa menjadi email yang menakutkan untukmu. Kadang dirimu memiliki keraguan, tentang pekerjaanmu, kamu takut gagal. Cobalah untuk menanyakan pada diri sendiri tentang pekerjaan yang mungkin datang padamu. Ini dapat menghasilkan banyak peluang untuk dirimu.

Mengerti Prioritas

Tidak ada peluang yang merupakan peluang buruk, tetapi beberapa kemungkinan memberimu lebih banyak uang daripada yang lain. Saat bekerja dengan klien, perhatikan betapa berharganya pekerjaan freelance ini bagimu. Pada hari-hari ketika dirimu kewalahan dengan pekerjaan, gunakan ini sebagai cara untuk memprioritaskan pekerjaan yang akan paling berharga bagimu dalam jangka panjang. Tetapkan ekspetasi di awal berdsarkan prioritas ini. Jika dirimu tahu bisa memberi hasil dalam dua minggu, tetapi tidak mendapatkan banyak hasil dari hubungan tersebut, beri tahu mereka untuk menerima hasil dalam waktu 4 minggu.

Menjadi freelancer memang memberimu tantangan yang lebih berat. Cari tahu bagaimana mendapatkan lebih banyak uang saat menjadi freelancer.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓