Sukses

Lifestyle

4 Kebiasaan Buruk yang Perlu Segera Dihentikan dan Caranya

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan buruk paling mudah muncul di saat seperti ini, di saat tidak ada yang bisa mengetahui tentang masa depan dan tidak adanya kepastian. Membaca berita tentang bencana setiap hari, mendengar hal-hal buruk juga pasti mempengaruhi cara berpikirmu, benar?

Salah satu kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan adalah berpikiran buruk. Ya, beberapa waktu belakangan, kamu pasti mudah sekali berpikiran buruk.

Kamu tidak sendiri, semua orang di dunia telah melewati waktu yang berat di tahun ini. Dan pikiran buruk adalah respon protektif dalam beberapa hal, karena ketika kamu sudah memiliki pikiran buruk, kamu tidak akan kecewa terhadap sesuatu, seperti dilansir dari purewow.com.

Sayangnya, tidak sesederhana memutuskan untuk berpikiran positif untuk menghilangkan kebiasaan berpikiran buruk. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini, penasaran?

 

 

1. Gunakan metakognisi

Metakognisi atau berpikir tentang berpikir, melibatkan kesadaran dan pemahaman pikiranmu sendiri. Dalam hal ini, berarti menangkap diri sendiri saat kamu sedang berpikiran buruk dan mengingatkan diri sendiri bahwa tidak semua pikiran tersebut benar atau akurat.

2. Menguji pikiran diri sendiri

Cobalah untuk menguji pikiranmu sendiri dengan mengajukan pertanyaan, seperti "Bukti apa yang aku miliki untuk mendukung pemikiran ini?"

3. Membuat jurnal pikiran

Buatlah jurnal atau catatan tentang kapan pikiran buruk itu muncul dan apa yang kamu pikirkan saat itu. Pasti ada hal-hal yang bisa menjadi perenungan buatmu.

4. Mempraktikkan mindfulness

Kamu bisa melakukannya dengan meditasi, yoga, menulis jurnal, atau sekedar berjalan-jalan di alam. Mindfulness akan membantumu melepaskan diri dari pikiran buruk yang tidak membantu.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading