3 Manfaat Diet Keto serta Beragam Kue Lezat yang Bisa Disantap

Anisha Saktian Putri22 Sep 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 09:35 WIB
Super Carrot/dok. Ann Bakery

Fimela.com, Jakarta Melakukan diet bukan hanya untuk membuat tubuh memiliki berat yang ideal, melainkan juga demi menjaga kesehatan. Di antara banyak diet yang muncul, salah satu yang paling terkenal adalah diet keto.

Sebenarnya, apa sih diet keto itu? Diet ini bertujuan untuk meregulasi pola makanmu. Sahabat Fimela akan mengonsumsi hidangan yang memiliki kadar karbohidrat yang rendah, sebisa mungkin kurang dari 50 gram dalam sehari.

Kalau biasanya, tanpa diet keto, seseorang akan mengonsumsi karbohidrat sekitar 50 persen dari makanan mereka, dengan diet keto akan mengonsumsi 5 persen-10 persen saja. Selain itu, konsumsi nutrisimu akan digantikan oleh asupan lemak dan protein.

Memang, biasanya energi yang digunakan sehari-harinya berasal dari karbohidrat, yaitu glukosa yang telah dipecah menjadi senyawa yang bisa diserap oleh tubuhmu.

Dengan diet keto, karena tidak mengonsumsi karbohidrat, akhirnya tubuh menyerap energi yang berasal dari lemak yang dikonsumsi. Selain itu, ada beberapa manfaat diet keto yang bisa kamu ambil juga! Ayo kita lihat beberapa manfaatnya:

1. Mengendalikan Epilepsi

diet keto
ilustrasi diet makan sayur/Photo by Louis Hansel on Unsplash

Pada awalnya, diet keto ini dikembangkan dan kemudian dianjurkan untuk anak-anak yang terkena epliepsi. Karena energi diambil dari lemak dan bukan karbohidrat, hal ini bisa menormalkan aktivitas listrik yang terjadi di otak semua orang yang terkena gangguan epilepsi.

2. Menurunkan Berat Badan

Karena adanya defisit dari glukosa yang dihasilkan dari karbohidrat, tubuhmu akan menggunakan cadangan lemak untuk dibuat menjadi energi. Karena cadangan lemak yang tersedia di tubuh seseorang akan berkurang karena dibakar, maka otomatis berat badan mereka akan berkurang.

3. Mengontrol Kadar Gula

Di dalam tubuhmu, karbohidrat itu dipecah sehingga menjadi glukosa, tapi dengan dietketo, kamu tidak akan menambah cadangan gula yang tersedia di dalam tubuhmu. Oleh karena itu, kadar gula, atau glukosa, di dalam tubuhmu akan lebih terkendali.

Selama diet keto, sahabat Fimela juga masih bisa makan-makanan enak kok. Misalnya saja Super Carrot dari Ann’s Bakehouse and Creamery yang khusus dibuat untuk kamu yang sedang diet keto.

Kue ini, Sugar Free, Gluten Free dan Guilt Free dan dibuat dengan tepung almond, bahan-bahan khusus diet keto. Perpaduan antara rasa Carrot Cake yang khas akan wangi rempah-rempahan pilihan, adonan kue yang sangat lembut, frosting cream cheese yang lezat, parutan wortel, dan juga potongan kacang almond.

 

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓