Sukses

Health

Manfaat Minuman Teh Kunyit untuk Menurunkan Kolesterol yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Teh kunyit adalah minuman penghangat yang bisa menyehatkan tubuh. Kunyit merupakan tumbuhan yang tumbuh dengan subur di daerah Asia Tenggara. Tumbuhan yang memiliki nama lain curcuma longa ini, merupakan tanaman herbal sekelas jahe yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kunyit bisa dijadikan sebagai bumbu untuk masakan dan bisa diminum. Kunyit bisa dikonsumsi dengan teh. Seperti yang kita tahu, teh memiliki kandungan yang juga baik untuk tubuh.

Sehingga minuman ini sangat baik untuk membantu menghangatkan tubuh dan memperkuat sistem imun. Minuman ini dipercaya mampu melawan berbagai macam penyakit, hingga mencegah gagal jantung. Berikut manfaat minuman teh kunyit untuk menurunkan kolesterol yang jarang diketahui:

 

Manfaat Minuman Teh Kunyit

1. Menurunkan Kolesterol

Teh kunyit juga sangat baik dikonsumsi untuk orang-orang yang mengidap penyakit jantung. Menurut WHO, penyakit jantung bisa saja disebabkan karena pola hidup yang kurang bagus, memiliki tekanan darah yang tinggi, adanya peradangan pada pembuluh darah, naiknya kolesterol jahat dan keturunan. Rutin mengonsumsi teh kunyit, bisa membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung, karena kandungan yang terdapat di dalam teh kunyit bisa membantu mengontrol tekanan darah, sehingga aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar.

2. Mencegah Penyakit Arthritis

Penyakit arthritis merupakan peradangan yang terjadi pada salah satu sendi. Penyakit ini bisa disebabkan karena obesitas, faktor usia, ada riwayat cedera dan sering melakukan aktivitas yang berat. Penyakit ini ditandai dengan gejala nyeri pada sendi, kemerahan pada kulit sekitar sendi, pembengkakan dan kaku pada sendiri. Kadang gejala ini muncul secara mendadak. Teh kunyit ini sangat baik dikonsumsi, untuk membantu mengurangi sakit nyeri dan peradangan pada sendi. Karena kunyit memiliki sifatanti peradangan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat minuman teh kunyit yang selanjutnya, bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah sakit terinfeksi virus atau bakteri. Teh dan kunyit memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini bisa membantu menangkal radikal bebas, yang bisa merusak sel kekebalan tubuh, dan membuat tubuh menjadi mudah sakit. Sehingga teh kunyit ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sakit.

 

Manfaat Minuman Teh Kunyit

4. Mencegah Diabetes

Manfaat mengonsumsi teh kunyit yang selanjutnya, yaitu bisa membantu mengatasi penyakit diabetes. Seperti yang kita tahu, diabetes disebabkan karena obesitas, keturunan dan kadar gula yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Teh kunyit ini bisa membantu menyeimbangkan kandungan gula yang ada di dalam tubuh. Teh kunyit ini juga bisa membantu mengontrol kolesterol, sehingga orang yang rajin mengonsumsi teh kunyit tiap hari tanpa gula tambahan, akan terhindar dari diabetes tipe 2.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat terakhir mengonsumsi minuman teh kunyit, yaitu bisa membantu menurunkan berat badan, mencegah obesitas dan melancarkan program diet. Kandungan yang terdapat di dalam teh kunyit, bisa membantumu menahan nafsu makan yang berlebihan. Minuman ini juga membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga BAB akan lebih lancar, serta racun yang ada di dalam tubuh akan hilang.

Cara Membuat Teh Kunyit

  1. Siapkan panci yang telah diisi 4 gelas air.
  2. Memarkan masing-masing satu rimpang kunyit dan jahe lalu iris tipis-tipis. Masukkan ke dalam air di dalam panci.
  3. Tambahkan masing-masing 2 sendok makan gula pasir dan gula jawa.
  4. Rebus air kunyit dengan api kecil hingga mendidih dan kunyit maupun jahe matang.
  5. Jika sudah matang, angkat lalu saring air kunyit jahe.
  6. Tambahkan 2sendok makan madu ke dalamnya dan aduk rata.
  7. Sajikan di gelas saji.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading