5 Kebiasaan yang untuk Berhemat Bagi Seorang Mahasiswa

Gayuh Tri Pinjungwati17 Sep 2020, 20:15 WIB
Diperbarui 17 Sep 2020, 20:15 WIB
keuangan

Fimela.com, Jakarta Menjadi mahasiswa sama halnya menjalani hidup pada umumnya, yang perlu memenuhi kebutuhan. Dirimu akan memahami perjuangan menabung dan memeriksa untuk pengeluaranmu. Kamu akan belajar mengelola keuangan dengan baik dan memastikan tidak mengalami kekurangan untuk memenuhi kebutuhkanmu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk berhemat saat dirimu menjadi mahasiswa.

Makan di Luar dengan Memanfaatkan Diskon

Ada waktu-waktu tertentu dirimu dapat pergi makan di luar dengan harga yang lebih murah. Dirimu dapat memanfaatkan diskon atau promo untuk pelajar. Akan ada banyak tempat yang melayani siswa untuk membujuk mereka agar mengulangi pembelian di tempat yang mereka pilih.

Jual Barang yang Masih Bagus

Kita hidup pada generasi di mana sebagian besar dari kita paham internet dan dapat menggunakan banyak aplikasi dengan cukup baik. Ketika pulang ke kampung halaman, perhatikan lemari pakaianmu, mungkin saja banyak pakaian yang masih bagus yang dapat dijual melalui aplikasi e-commerce. Cobalah untuk menawarkannya juga kepada temanmu. Sebagian uang yang kamu dapatkan dapat ditabung atau untuk keperluan lainnya.

Beli Kebutuhan Sebulan Sekali

Kebutuhan seperti perlengkapan mandi, kosmetik atau lainnya sebaiknya lakukan pembelanjaan untuk sebulan sekali. Ini akan membantumu lebih menghemat uang. Manfaatkan diskon yang berlaku untuk beberapa jenis produk. beli untuk kebutuhan sebulan kedepan. Pilih toko grosir yang memberikan harga murah atau kamu juga bisa membandingkan harga terlebih dahulu. 

Memasak Sendiri

makan sehat
ilustrasi makan makanan/Photo By chomplearn on Shutterstock

Sering membeli makan di luar membuatmu harus banyak menghabiskan banyak uang. Jika ingin menghemat beberapa rupiah, kamu bisa mencoba memasak sendiri. Belanjalah beberapa bahan makanan yang bisa disimpan untuk seminggu kedepan. Ini akan membantumu menghemat lebih banyak.

Tabung Sebagian Uangmu

Jika kamu menerima uang dari orangtua setiap bulan untuk biaya hidup selama kuliah, ada baiknya untuk ambil sebagian uang untuk ditabung. Buat tempat menyimpan uang yang mungkin tidah mudah kamu akses setiap saat misalnya, membuat celengan dari bamboo dan menyimpannya di dalam lemari pakaian.

Nah, berit tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat banyak uang saat kuliah. Kira-kira cara berhemat Sahabat Fimela selama kuliah seperti apa ya? Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang masih jadi mahasiswa.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓