7 Alasan Menarik Pentingnya Mendengarkan Musik saat Olahraga

Febi Anindya Kirana18 Sep 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 18 Sep 2020, 16:15 WIB
mendengarkan musik

Fimela.com, Jakarta Olahraga memang seharusnya dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan dengan perasaan yang baik. Olahraga justru hanya akan jadi beban dan tidak maksimal ketika kamu tak suka menjalaninya. Salah satu cara agar bisa menikmati olahraga adalah dengan mendengarkan musik.

Ada banyak alasan mengapa mendengarkan musik akan sangat bermanfaat selama olaharaga. Seperti dilansir dari Huffpost, ini sekian manfaat mendengarkan musik saat olahraga.

1. Mengalihkan perhatian terhadap rasa nyeri dan kelelahan

Sebuah penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik mampu membuat tubuh tidak fokus pada rasa sakit atau lelah selama olahraga sehingga daya tahan terhadap olahraga lebih panjang dari biasanya.

2. Meningkatkan performa

Sebuah penelitia tahun 2010 terhadap para pesepeda menemukan bahwa musik mampu meningkatkan performa selama olahraga. Orang akan olahraga lebih keras dan penuh semangat tanpa ia sadari ketika mendengarkan musik dengan tempo cepat. Musik dengan BPM 120-140 adalah tempo yang paling tepat untuk olahraga.

3. Meningkatkan semangat dan motivasi

olahraga mendengar musik
ilustrasi mendengar musik/Photo by mentatdgt from Pexels

Setiap orang kemungkinan memiliki tipe musik sendiri yang paling disukai ketika olahraga karena mampu membuatnya lebih termotivasi menyelesaikan olahraga dalam target waktu tertentu. Pengaruh emosional musik terhadap tubuh ini sangat membantu orang menikmati olahraganya.

4. Meningkatkan suasana hati

Mendengar musik juga bisa meningkatkan mood baik saat olahraga sekaligus agar tubuh lebih menikmati momen olahraga. Ketika lelah bekerja dan ingin olahraga, musik membantu membuatmu melupakan rasa lelah dan stres yang kamu alami sebelumnya.

5. Menjaga tempo dan frekuensi olahraga

Mendnegarkan musik efektif sekali dalam meningkatkan frekuensi latihan apalagi jika mendengar musik bertempo cepat yang disuka.

6. Musik menjadi penyalur emosi

kesehatan
ilustrasi mendengarkan musik/Photo by mentatdgt from Pexels

Jika sedang kesal, mendengar musik bisa meredakan amarah atau rasa kesal. Kamu bisa memilih lagu mana yang disuka dan berlarilah sambil mendengar musik, itu akan sangat membantu menenangkan emosi.

7. Membuatmu ingin terus bergerak

Uniknya, musik mengundangmu untuk menggerakkan tubuh. Bahkan jika kamu tidak terlalu ingin serius olahraga, cukup nyalakan musik menyenangkan dan bergoyanglah. Itu sudah cukup membantu membakar kalori dan membuatmu olahraga tanpa sengaja.

Itu dia sekian alasan pentingnya mendengarkan musik. Jadi jangan ragu mendengarkan musik kapan pun selama kamu olahraga, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓