Kisah Pilu Kakek Tukang Sol Sepatu di Depok yang Menunggu Pelanggan Tak Kunjung Datang

Karla Farhana24 Sep 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2020, 12:00 WIB
[Fimela] Kisah Kakek Tukang Sol Sepatu

Fimela.com, Jakarta Menjalankan bisnis apa pun di tengan pandemi Corona memang tidak mudah. Termasuk sol sepatu. Seorang kakek yang bekerja sebagai tukang sol sepatu. Kakek yang tidak diketahui namanya ini berjalan di daerah Depok Jawa Barat dengan wajah yang sedih dan mimik menahan sakit serta beban. 

Pemilik akun Facebook bernama Tamfrust Tamfrus Frust pada hari ini melihat sang kakek dan merasa iba dengannya. Sebenarnya, kakek ini dulu sempat menjadi langganannya sewaktu Tamfrust masih kecil. Begitu melihat sang kakek yang nampak kelelahan ini, ingatannya mulai kembali ke masa itu, ketika sang kakek masih segar bugar. Saat itu, sang kakek masih sering berjalan kaki dari gang Kedondong hingga sekitar Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat. Namun, kini tubuh sang kakek terlihat sudah tua dan tidak lagi kuat. 

Merasa iba, pemilik akun Tamfrust kemudian menyapa sang kakek. 

"Pak, mau kemana? Masih ingat saya?" sapanya. 

"Mau pulang, nak. Kakek lupa, nak, maklum sudah tua, nak," jawab sang kakek. 

Sang kakek pun menceritakan tentang kondisinya sekarang. Katanya, dia kini tinggal sendiri di sebuah kontrakan yang letaknya persisi di belakang masjid Hidayah Stangkle. Saat itu, dia juga mengatakan hendak pulang ke rumah. Sejak kemarin, dia mengaku, sudah berkeliling untuk mencari pelanggan yang butuh jasanya membetulkan sol sepatu. 

"Ini baru mau pulang, dari kemarin keluar cari yang butuh jasa sol tidak ada. Sudah tidak kuat jalan kaki, kakek pulang saja," ujarnya. 

Tanpa Ada Pemasukan, Kakek Tidak Bisa Mengirim Uang untuk Istri yang Sakit

[Fimela] Kisah Kakek Tukang Sol Sepatu
Kisah Kakek Tukang Sol Sepatu | facebook.com/rarakecil.rarakecil.3

Mendengar hal ini, Tamfrust merasa begitu sedih. Kakek pun lanjut bercerita tentang sang istri yang berada di kampung halaman dalam keadaan sakit dan tidak bisa berjalan. 

"Si nenek di kampung lagi sakit nggak bisa jalan, kemarin minta dikirimin uang buat berobat, tapi kakek dari kemarin belum ada pemasukan, nak," cerita sang kakek. 

Mendengar kisah pilu ini, Tamfrust sangat sedih. Meski dia tidak bisa banyak membantu, namun Tamfrust memberikan sedikit rezekinya agar sang kakek bisa makan. Tamfrust kemudian membagikan kisah ini di laman Facebook Info Depok, dan meminta bantuan siapa pun untuk membantu sang kakek. 

"Barang kali ada yang butuh sepatunya yang perlu disol bisa ke kakek, ya. Dia biasanya si, ada di gang kedondong, (berjalan kaki) hingga gang mawar, dari jam 8 pagi sampai saya bertemu beliau jam 12 siang, terima kasih, Admin," tulisnya. 

#Changemaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓