5 Tren Penjualan Makanan dan Minuman Selama Masa Pandemi Covid-19

Anisha Saktian Putri19 Sep 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 19 Sep 2020, 11:00 WIB
Tokopedia Nyam

Fimela.com, Jakarta Masa pandemi Covid-19 membuat tren belanja online meningkat. Alasannya beragam, mulai dari lebih aman hingga tidak perlu bertemu orang banyak.

E-commerce seperti Tokopedia pun menggelar kampanye 'Tokopedia Nyam' dengan tujuan mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dengan terjangkau tanpa keluar rumah. Dari sinilah tercipta tren belanja selama pandemi.

Dari kampanye tersebut, menunjukan data apa saja makanan dan minuma yang paling populer selama masa Pandemi yang sudah hampir tujuh bulan. Produk tersebut diantaranya:

1. Kopi Literan Merek Lokal

TUKUcur
Brand kopi lokal, TUKU menghadirkan es kopi yang dikemas dalam kemasan satu liter. (dok. Instagram @tokokopituku/https://www.instagram.com/p/B98s6X4Hccw/Putu Elmira)

Tuku, Anomali dan Dua Coffee adalah contoh kreator lokal di bidang kopi yang meraja di Tokopedia Nyam. Produknya kian digemari masyarakat selama pandemi. Anomali dan Dua Coffee bahkan mengalami peningkatan order harian masing-masing 3 dan 5 kali lipat.

2. Makanan Khas Korea

Makanan khas Korea, seperti tteokbokki dan jajangmyeon, menjadi lebih laris belakangan ini.Peningkatan penjualannya bisa mencapai lebih dari 5 kali lipat selama pandemi.

3. Nasi Mentai atau Spageti Panggang Kekinian

Nasi mentai atau spageti panggang kekinian juga tidak luput diburu. Momomaru sebagai salah satuprodusen lokal nasi mentai mengalami peningkatan transaksi menjadi lebih dari 3 kali lipat selamapandemi.

4. Camilan Manis

Camilan manis, seperti dessert box dan kue ijo, menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat.

Bittersweet by Najla adalah salah satu pegiat usaha dessert box lokal yang mengadopsi platform digital sejak pandemi (April 2020) dan telah menjual lebih dari 16 ribu produk. Bahkan 60% penjualannya berasal dari Tokopedia.

5. Buah dan Madu

Buah dan madu juga menjadi produk yang paling sering dibeli masyarakat di Tokopedia Nyam.Peningkatan penjualan buah dan madu masing-masing mencapai lebih dari 3 kali lipat dan lebih dari 2,5 kali lipat selama pandemi. Dua produk ini sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Transaksi makanan siap masak juga tumbuh signifikan menjadi lebih dari 3 kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi,” ujar ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

 

 

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓