5 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja yang Tinggi

Imelda Rahma20 Sep 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 20 Sep 2020, 16:15 WIB
Kuliah

Fimela.com, Jakarta Selain untuk meraih edukasi dan pengetahuan, salah satu motivasi orang untuk kuliah adalah adanya harapan untuk mendapatkan prospek kerja yang gemilang. Pendidikan memang salah satu jalur yang bisa dimanfaatkan seseorang untuk mendapatkan status sosial yang lebih tinggi, baik dinilai dari tingkat pendidikannya maupun profesinya kedepan.

Bisa jadi inilah alasan mengapa banyak orang mengalami kesulitan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Perdebatan biasanya muncul tatkala jurusan yang hendak diambil tidak sesuai dengan passion yang diminati. Oleh karena itu, sedari awal kamu perlu mempertimbangkan dan merencanakannya secara matang.

Identifikasi jurusan kuliah apa yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan yang kamu miliki. Jangan memaksakan atau terpengaruh oleh orang lain. Jika sudah menentukan, lagkah berikutnya adalah melakukan riset terhadap jurusan yang ingin kamu ambil, cari informasi peluang karir kedepannya juga karena hal itu penting.

Berbicara mengenai jurusan kuliah, ternyata ada beberapa jurusan kuliah secara umum yang memiliki peluang karir besar. Dilansir dari Liputan6com, kali ini Fimela.com akan mengulas 5 jurusan kuliah dengan prospek kerja yang tinggi. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Jurusan Akuntansi dan Ekonomi Bisnis

Jurusan Akuntansi dan Ekonomi Bisnis
Ilustrasi Jurusan Akuntansi Credit: pexels.com/Bongkarn

Jurusan kuliah dengan prospek kerja tinggi yang pertama ialah jurusan akuntasi dan ekonomi bisnis. Tidak bisa dipungkiri bahwa jurusan-jurusan yang masuk dalam rumpun ekonomi bisnis adalah jurusan dengan prospek karir yang menjanjikan karena ada banyak profesi yang mensyaratkan seseorang untuk memiliki latar belakang pendidikan sebagai mahasiswa ekonomi dan akuntansi.

Beberapa profesi menjanjikan jika kamu masuk dalam jurusan ini ialah menjadi seorang akuntan, marketing, hingga jabatan-jabatan strategis di perbankan. Hal ini karena setiap perusahaan pasti membutuhkan orang-orang dar jurusan ekonomi untuk mengurusi manajemen keuangan maupun strategi penjualan.

Jurusan Komunikasi

Jurusan Komunikasi
Ilustrasi Juruan Komunikasi Credit: pexels.com/fauxels

Berikutnya, jurusan kuliah dengan prospek kerja tinggi yang kedua ialah jurusan komunikasi. Jika kamu masuk dalam jurusan komunikasi, kamu bisa memiliki peluang untuk berprofesi dalam banyak bidang. Hal ini karena jurusan komunikasi cakupannya luas dan biasanya lulusan dari jurusan ini merupakan orang yang kreatif dan pandai berbicara.

Beberapa profesi yang bisa dipilih oleh jurusan komunikasi ialah menjadi seorang wartawan, penulis, humas perusahaan, dan masih banyak lagi. Bahkan dalam ajjaran pemerintahan, lulusan sarjana ilmu komunikasi dapat menjadi seorang Duta Besar. Nah, jika kamu termasuk orang aktif dan kreatif, maka jurusan komunikasi sangat cocok untukmu.

Jurusan Teknik

Jurusan Teknik
Ilustrasi Jurusan Teknik Credit: unsplash.com/Kateryna

Ketiga, jurusan kuliah lainnya yang juga menjanjikan kesempatan karir yang gemilang ialah jurusan teknik. Tentunya untuk masuk dalam jurusan ini, kamu harus menyukai hitungan karena sebagian besar materi pembelajarannya bersifat hitungan. Tidak hanya itu saja, jurusan teknik merupakan kebalikan dari jurusan sosial.

Jurusan teknik sendiri terbagi dalam beberapa sub, diantaranya ialah teknik sipil dan teknik mesin. Biasanya jurusan ini dipadati oelh kaum pria tetapi tidak menutup kemungkinan bagi perempuan untuk memilih jurusan ini. Adapun sejumlah profesi yang bisa dipilih oleh jurusan ini ialah menjadi seorang teknisi mesin, arsitek, dan beberapa jabatan strategis lainnya.

Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer
Ilustrasi Jurusan Ilmu Komputer Credit: pexels.com/ThisisEngineering

Selanjutnya, jurusan kuliah yang juga menjanjikan karir yang cemerlang di masa depan ialah jurusan ilmu komputer. Era digitalisasi kini tengah berkembang pesat, maka tidak heran banyak profesi baru bermunculan dan sebagian besar profesi tersebut berhubungan dengan kemampuan komputerisasi.

Untuk kamu yang mempunyai minat dibidang komputer dan teknologi, maka jurusan ini sangat cocok untukmu. Adapun beberapa profesi yang bisa dipilih oleh lulusan dari jurusan ini contohnya, menjadi programmer, digital analyst, dan animator, serta masih banyak lagi. Berita baiknya, rata-rata penghasilan dari profesi tersebut biasanya cukup besar sehingga kamu akan memiliki masa depan yang terjamin.

Jurusan Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Jurusan Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Ilustrasi Jurusan Kedokteran Credit: pexels.com/GustavoFring

Terakhir, jurusan kuliah dengan prospek kerja yang tinggi ialah jurusan kedokteran dan ilmu kesehatan. Berbicara mengenai jurusan kedokteran, maka sudah tidak diragukan lagi mengenai prospek karirnya kedepan. Selain biaya kuliahnya yang juga mahal, jurusan kedokteran dan ilmu kesehatan tidak akan kehabisan peluang pekerjaan karena setiap negara pasti membutuhkan tenaga kesehatan untuk menjamin kesehatan warga negaranya.

Beberapa profesi yang bisa kamu pilih ketika menjadi seorang mahasiswa kedokteran dan ilmu kesehatan ialah, dokter umum, dokter spesialis, perawat, bidan, dan lain sebagainya. Soal penghasilan, jurusan ini menjanjikan penghasilan yang pastinya sesuai dengan biaya yang juga kamu keluarkan untuk kuliah.

Lanjutkan Membaca ↓