4 Cara Agar Tidak Menjadi Bucin

Anisha Saktian Putri20 Sep 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 20 Sep 2020, 11:00 WIB
ilustrasi perbedaan bucin dengan sayang/Allen Taylor/unsplash

Fimela.com, Jakarta Saat jatuh cinta memang berjuta rasanya, seakan-akan dunia hanya milik berdua. Bisa dicintai dan mencintai memang suatu hal yang menyenangkan dalam hidup ini.

Bagaimana tidak, hari-hari kita tidak akan merasa kesepian dan bosan karena selalu ada teman berbagi. Namun hati-hati terlalu terbuai rasa cinta, sahabat Fimela justru menjadi budak atau bucin.

Istilah bucin sendiri menggambarkan jika seseorang rela melakukan demi pasangannya, hingga seolah-olah menjadi budak. Namun bucin juga tak hanya sebatas dengan pasangan saja. Melainkan dengan idola yang kita sukai, hingga rela melakukan apapun untuk idola kita.

Nah agar tidak menjadi toxic relationship, sebaiknya lakukan hal-hal di bawah ini agar sahabat Fimela tidak jadi bucin. Perlu diingat, jadi bucin akan merugikan diri kita sendiri hingga lupa pada diri sendiri.

1. Memiliki prinsip

ilustrasi perbedaan bucin dengan sayang/Matheus Ferrero/unsplash
ilustrasi perbedaan bucin dengan sayang/Matheus Ferrero/unsplash

Saat menjalani suatu hubungan atau menyukai apapin ada baiknya untuk memiliki prinsip pada diri sendiri. Pikirkan apa yang harus dilakukan yang baik dan tidak merugikan diri sendiri dan oranglain.

Janji pada diri sendiri, jika tidak ingin menyakiti diri sendiri itu penting lho agar kita tahu batasan baik buruknya apa yang diinginkan.

Dengan berprinsip kita bisa jujur pada diri sendiri.

2. Berani menolak

Tak perlu menuruti semua mau pasangana. Kita tak perlu menyusahkan diri sendiri untuk memenuhi keinginan seseorang.

Berani menolak menjadi salah satu tips hubungan langgeng. Pasangan yang sungguh-sungguh mencintaimu akan paham posisimu ketika menolak.

Jika si dia tidak terima, sahabat Fimela bisa meninggalkannya walau tak mudah tapi dirimu lebih berharga dari siapapun.

 

3. Jangan bergantung pada seseorang

ilustrasi perbedaan rasa sayang dengan bucin/Joanna Nix-Walkup/unsplash
ilustrasi perbedaan rasa sayang dengan bucin/Joanna Nix-Walkup/unsplash

Saat memiliki pasangan bukan berarti kamu harus selalu bersamanya. Luangkan waktu untuk bersama teman, keluarga dan melakukan hobimu. Dengan begitu jika ada kesulitan dirimu tidak akan bergantung pada pasangan atau orang lain. Karena sudah terbiasa untuk tidak bergantung pada seseorang.

Dengan mandiri sahabat Fimela tidak akan takut ditinggalkan pasanganmu.

4. Identifikasi kebutuhan hubungan dan memiliki kesepakatan

Memperhatikan dengan cermat apa yang diinginkan dari suatu hubungan, serta apa yang benar-benar tidak diinginkan, ini dapat membantu agar pasangan tidak menuntut lebih.

 

 

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓