Begini Memastikan Masker Kain yang Kamu Pakai Sudah Efektif Menangkal COVID-19

Febi Anindya Kirana20 Sep 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 21 Sep 2020, 12:32 WIB
masker kain

Fimela.com, Jakarta Memiliki persediaan masker di rumah pasti suah menjadi kebutuhan setiap orang, apalagi jika Sahabat Fimela termasuk yang cukup sering keluar rumah. Untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga, penting sekali memiliki masker dan memakainya ke mana saja.

Tapi karena masker medis lebih baik tidak dibeli agar bisa digunakan untuk para tenaga medis yang bertugas, maka alternatif yang bisa dilakukan adalah memiliki persediaan masker kain.

Namun masker kain seperti apa yang efektif menangkal virus corona agar tidak tembus dan justru menginfeksi tubuh?

"Semakin banyak lapisan semakin baik," ujar Raina MacIntyre, pakar penyakit menular dari Universitas New South Wales yang telah mempelajari kemanjuran memakai masker, seperti dilansir dari TIME.

Masker kain yang efektif mencegah COVID-19

masker kain
Photo by Vera Davidova on Unsplash

Dalam studi terbaru, MacIntyre dan rekan-rekannya menyarankan memakai masker kain yang minimal memiliki tiga lapis kain. Meski tentu saja masker penutup apa pun lebih baik daripada tidak memakai sama sekali, tapi jika ingin lebih efektif, pastikan masker kain memiliki beberapa lapisan.

Lapisan yang paling dekat dengan mulut dan hidung sebaiknya kain yang lembut di kulit dan memudahkan untuk bernapas seperti kain katun. Lapisan luarnya harus tahan air seperti misalnya bahan poliester.

"Ada cara termudah untuk menguji kain masker yang dipakai,” kata MacIntyre. Cukup ambil selembar kain dan teteskan air di atasnya, kemudian lihat apa yang terjadi. Jika meresap, maka kain itu tidak cocok sebagai lapisan terluar masker karena tidak bisa menahan partikel air yang kemungkinan membawa virus.

MacIntyre juga menjelaskan bahwa ukuran masker juga sangat penting diperhatikan, karena sedikit saja ada rongga yang memperlihatkan bagian mulut dan hidung, semakin lemah tingkat efektivitasnya dalam menangkal COVID-19. Ia merekomendasikan menggunakan masker yang cukup lebar untuk menutupi semua area mulut dan hidung, akan lebih baik lagi seperti face shield.

Jadi, periksa lagi masker kain yang kamu miliki Sahabat Fimela, sudahkan sesuai kriteria masker kain yang baik?

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓