Tips Berkebun dengan Metode Hidroponik ala Bayu Widhi Nugroho

Gayuh Tri Pinjungwati19 Sep 2020, 17:57 WIB
Diperbarui 19 Sep 2020, 18:51 WIB
BRI

Fimela.com, Jakarta Salah satu hobi yang booming saat pandemi adalah berkebun. Saat kita semua dituntut untuk di rumah saja, mencari aktivitas seru pun tidak terelakkan. Memanfaatkan waktu untuk berkebun pun menjadi pilihan.

Lalu, bagaimana jika kamu tidak memiliki lahan yang cukup untuk berkebun? Tidak perlu khawatir, metode hidroponik bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin berkebun tapi terkendala lahan.

Metode hidroponik adalah metode tanam yang tidak menggunakan tanah. Jadi, bisa menghemat ruang. Meskipun di ruang yang sempit pun kamu dapat bercocok tanam. Metode ini populer, karena praktis dan sangat cocok untuk pemula.

Tips Hidroponik dari Bayu Widhi Nugroho

Bayu Widhi Nugroho
Bayu Widhi Nugroho menjelaskan tentang metode hidroponik/copyright vidio

Untuk tips hidroponik bagi pemula ini Bayu Widhi Nugroho membagikan caranya di acara Pesta Rakyat Simpedes BRI. Ia membagikan tipsnya dalam workshop singkat "Tutorial Hidroponik untuk Pemula" yang digelar secara virtual, Sabtu (19/9).

Dalam workshop singkat itu, Bayu memberikan tips dan trik untuk memulai bercocok tanam dengan menggunakan metode hidroponik. Tak hanya itu ia juga membagikan tips memilih media yang baik untuk hidroponik.

Tips penting dari hidroponik adalah tercukupinya nutrisi, sinar matahari, dan oksigen yang terlarut dalam media agar penyerapan nutrisi berjalan dengan baik.

"Banyak yang salah kaprah saat memulai hidroponik. Tanaman hidroponik sebaiknya ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari langsung sejak penyemaian hingga panen," jelasnya.

Bayu juga memberi saran kepada yang akan memulai metode hidroponik. Agar selalu mencari informasi yang benar dan jangan segan untuk bertanya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓