7 Cara Sederhana Tapi Penting Menjaga Payudara Tetap Sehat

Febi Anindya Kirana27 Sep 2020, 11:15 WIB
Diperbarui 27 Sep 2020, 11:15 WIB
kesehatan payudara

Fimela.com, Jakarta Risiko penyakit kanker payudara adalah salah satu ancaman kesehatan besar yang kemungkinan dihadapi para perempuan. Itulah mengapa kesadaran menjaga kesehatan payudara secara pribadi wajib dilakukan setiap perempuan.

Menjaga kesehatan payudara sebenarnya cukup sederhana dan bahkan mungkin banyak tak menduga bahwa melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil berikut ini justru baik untuk payudara. Seperti dilansir dari Self, ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga payudara sehat.

1. Jaga berat badan ideal

Kegemukan, obesitas atau kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Kelebihan lemak tubuh akan meningkatkan produksi estrogen dalam tubuh, dan hormon yang tidak seimbang ini sangat mungkin memicu pertumbuhan sel abnormal pada payudara

2. Olahraga

payudara perempuan
ilustrasi payudara perempuan/copyright By siam.pukkato from Shutterstock

Karena kelebihan lemak tubuh bisa memicu produksi hormon estrogen yang tinggi, cara paling mudah menguranginya adalah dengan berolahraga. American Cancer Society menyarankan olahraga selama total 150 menit per minggu mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi penyakit, terutama menurunkan hormon estrogen dan insulin, yang mana bisa jadi pemicu kanker payudara. Ketika lemak berkurang, maka tubuh tidak akan berlebihan menghasilkan estrogen.

3. Makan cokelat

Dark chocolate dikenal sebagai makanan paling sehat dan bahkan banyak penelitian membuktikan bahwa makan cokelat mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Richard Pestell, M.D. dari Kimmel Cancer Center at Thomas Jefferson University mengatakan bahwa enzim yang berinteraksi dengan kandungan cokelat mampu membunuh sel-sel kanker secara perlahan.

4. Makan sayur dan buah

Makan lemak sehat diimbangi dengan asupan sayuran hijau dan buah- buahan segar yang mengandung antioksidan dan vitamin mampu membantu mencegah tumbuhnya sel abnormal dan berkembangnya sel-sel kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan banyak buah dan sayuran dapat menurunkan risiko tumor payudara reseptor negatif estrogen.

5. Hindari minum alkohol

memijat payudara perempuan
ilustrasi memijat payudara/copyright by Andrey_Popov from Shutterstock

Penelitian menemukan bahwa dua gelas alkohol bisa meningkatkan potensi kanker payudara sebanyak 21%. Daripada minum wine yang juga mengandung alkohol, ganti dengan makan buah anggur segar. Antioksidan pada kulit anggur mampu menurunkan estrogen yang mana bisa menurunkan serangan kanker payudara. Bahkan meta-analisis dari 53 penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang minum lebih dari tiga gelas sehari memiliki risiko 1,5 kali lipat terkena kanker payudara daripada yang bukan peminum.

6. Tidur yang cukup

Begadang dapat mengurangi waktu istirahat tubuh di malam hari dan itu mampu menekan kadar melatonin. Penelitian menunjukkan melatonin dapat memicu naiknya estrogen. Dan seperti yang sudah Sahabat Fimela baca sebelumnya, bahwa estrogen tinggi bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

7. Cek ke dokter

Jangan ragu memeriksakan diri ke dokter dann melakukan mamogram paling tidak tiga tahun sekali. Perempuan dengan riwayat keluarga pernah mengalami kanker payudara harus lebih waspada. Boleh juga melakukan MRI atau sonogram.

Mencegah selalu lebih baik daripada harus mengalaminya sendiri, jadi pastikan kamu menjaga kesehatan payudara agar tidak terkena kanker ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓