3 Tips Sederhana Mengelola Pengeluaran dengan Bijak Bagi Generasi Milenial

Gayuh Tri Pinjungwati22 Sep 2020, 13:15 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 13:15 WIB
keuangan

Fimela.com, Jakarta Setelah lulus dari sekolah dan memasuki dunia kerja adalah perasaan yang luar biasa. Tidak hanya dirimu akhirnya selesai dengan fase pembelajaran awal kariermu, tetapi dirimu akhirnya dibayar untuk pekerjaanmu. Jika dirimu baru saja lulus dan akhirnya memasuki tahap awal karier, beberapa tips untuk mengelola pengeluaran dapat membantumu menahan diri dari pengeluaran yang berlebihan seperti berikut ini.

Tetapkan Tujuan Tabungan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan generasi milenial dalam hal pengeluaran adalah kehabiskan segalanya dan tidak menabung apa pun. Memulai rekening tabungan akan berguna saat pengeluaran tak terduga muncul, tetapi akan menjadi lebih penting lagi saat dirimu perlu membayar uang muka untuk membeli mobil atau rumah.

Hitung Gaji Bersih yang Diterima

keuangan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/kitzcorner

Salah satu kejutan terbesar yang dihadapi sebagian besar geneari milenial setelah menerima gaji pertama mereka adalah menyadari betapa kecilnya gaji sebenarnya dibandingan dengan angka bulanan yang mereka pikirkan setelah menerima tawaran tersebut. Ini karena akan ada potongan untuk membayar beberapa tunjangan. Untuk mempersiapkan diri terhadap jumlah sebenarnya yang akan dirimu terima dan menghindari pengeluaran berlebihan, dirimu sebaiknya menghitung penghasilan aktual setelah potongan tunjangan dan pajak setiap bulan.

Temukan Pilihan Liburan yang Murah

Jika dirimu pernah memeriksa laporan mutasi bank setelah keluar malam, dirimu tahu berpaa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk menginap di bar atau clubbing. Jika dirimu mulai melacak pengeluaran dan menyadarri bahwa telah menghabiskan sebagian besar pendapatan bulanan untu hiburan, mungkin inilah saatnya untuk mengurangi sedikit.

Meskipun ini bisa sangat sulit bagi seorang profesional mudah dan rekan kerja yang suka bermain setelah bekerja atau keluar untuk makan siang, pasti ada cara alternatif untuk menghabiskan waktu dengan rekan kerjamu yang tidak akan terlalu menguras dompet. Kamu dapat pergi keluar untuk makan malam di kaki lima. Ini akan benar-benar menghemat uangmu.

Seiring dunia berubah dan kebutuhan pengeluaran berubah seiring dengan itu, cobalah untuk mendapatkan dukungan untuk mengelola keuangan dengan benar. Ini akan memberkan manfaat kepadamu. Belajarlah pada orang yang lebih berpengalaman seperti orangtuamu.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓