3 Tips Atasi Krisis Keuangan dengan Cermat

Gayuh Tri Pinjungwati22 Sep 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 18:15 WIB
keuangan

Fimela.com, Jakarta Keadaan darurat finansial yang tidak terduga dapat dengan mudah membuat seseorang merasa tidak berdaya. Entah itu kehilangan pekerjaan, biaya pengoobatan atau perbaikan rumah darurat, perubahan mendadak dalam situasi keuanganmu bisa sangat membuat stres.

Betapapun stresnya situasi, tagihan tetap harus dibayar dan makanan tetap harus disiapkan. Jika dirimu mungkin dilanda keadaan darurat finansial, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya sekaligus langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya sekaligus mengurangi dampatk negatif ekonomi seperti berikut ini.

Evaluasi Situasinya

Segera setelah menyadari keadaan darurat finansial telah melanda, luangkan waktu sejenak untuk duduk dan mengevaluasi situasi dengan cermat. Namun, kemampuan untuk memeriksa emosi dan mengevaluasi situasi dengan cermat pada titik penting ini akan memastikanmu membuat pilihan yang tepat dan menghindari kesulitan. Setelah tenang, cobalah untuk menentukan akar penyebab dari keadaan darurat finansial ini. Dirimu akan melakukan brainstorming solusi pada akhirnya. Pertama pahami apa penyebab hal ini terjadi. Alasan tipikal dapat mencakup hilanganya pendapatan secara tiba-tiba, biaya yang terus meningkat dan bencana alam.

Prioritaskan Beban

Memiliki Perencanaan Jangka Panjang
Ilustrasi Perencanaan Keuangan Credit: pexels.com/Karolina

Tidak semua pengeluaran dibuat sama. Beberapa tagihan perlu dibayar sebelum yang lain dan jika dirimu tidak mampu membayar semuanya, dirimu perlu memprioritaskan. Tagihan terpenting adalah yang terkait dengan makanan dan tempat tinggal. Membiarkan layanan internet tidak nyaman, tetapi lebih mudah menemukan kedai kpi dengan wifi gratis daripada menemukan tempat baru untuk tempat tinggal. Jadi pembayaran hipotek dan sewa menjadi prioritas. Setelah menemukan tagihan mana yang paling penting, dirimu dapat memulai mencari pengeluaran untuk mengurangi atau memotong anggaran. Pemotongan akan mempercepat memulihan dari krisis.

Mencari Pendapatan Tambahan

Idealnya, dirimu ingin menyisihkan sejumlah uang dalam dana darurat untuk membantumu membayar pengeluaran tak terduga. Tetapi ini tidak selalu merupakan harapan realistis. Dirimu selalu dapat mencoba untuk mendapatkan pinjaman atau menggunakan kartu kredit, tetapi ini hanya akan memperburuk masalah. Meskipun meminjam uang dapat memberikan akses cepat ke uang tunai, pinjaman juga dapat datang dengan suku bunga tinggi dan pembayaran bulanan baru. Pembayaran ekstra ini akan memperpanjang jangka waktu kesulitan keuangan. Mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan dapat dilakukan, jika dirimu memiliki keahlian khusus di bidang tertentu dapat memanfaatkan itu untuk mendapatkan uang tambahan.

Nah, berikut tadi beberapa cara yang dapat dilakukan saat dirimu mengalami masalah krisis finansial. Cobalah untuk memikirkannya ketika emosi mulai mereda dan dirimu akan menemukan solusi yang tepat untuk permasalah tersebut.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓