4 Tips Menggoreng Ikan agar Dagingnya Tidak Hancur dan Meletus-letus

Febi Anindya Kirana23 Sep 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 23 Sep 2020, 07:15 WIB
Ikan Goreng

Fimela.com, Jakarta Salah satu kesulitan yang sering dihadapi seseorang ketika menggoreng ikan adalah meletus-letus dan ikan hancur saat dibalik. Jadinya ikan tidak tampak cantik ketika disantap. Meski tampak sepele, "ah hanya menggoreng ikan", tapi ternyata menggoreng ikan juga punya trik atau caranya tersendiri lho.

Ini dia tips agar menggoreng ikan tidak meletus dan hancur tapi kering renyah.

1. Balur tepung

Salah satu cara agar ikan yang digoreng minyaknya tidak meletus adalah membalurnya dengan tepung terigu. Alasan ikan meletus saat digoreng adalah adanya kandungan air. Jika ikan yang sudah dibumbui kemudian dibalur dengan sedikit tepung bagian permukaannya, minyak panas tidak akan meletus-letus.

2. Tutup wajan

Ada orang yang tidak suka ada tepung yang membalut ikan atau tujuannya memang digoreng langsung. Jika tidak ingin menggunakan tepung agar minyak tidak meletus, tiriskan ikan dari bumbunya, kemudian gunakan penutup setiap kali menggoreng. Segera setelah ikan dimasukkan ke dalam penggorengan, tutup dan tunggu hingga ikan siap dibalik.

3. Jangan buru-buru dibalik

Ikan goreng
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ini adalah trik utama agar ikan tidak hancur. Jangan buru-buru membalik ikan yang belum matang dan kering permukaannya ketika digoreng. Umumnya daging ikan akan menempel pada permukaan wajan, kecuali jika menggunakan wajan anti legket. Tunggu agar lama hingga memastikan satu sisi ikan yang sedang digoreng telah matang dan kering, baru bisa dibalik.

4. Goreng hingga tenggelam

Gunakan minyak agak banyak saat menggoreng ikan karena ini sangat membantu mengurangi letusan minyak, membuat ikan matang merata dan dagingnya tidak hancur karena langsung terkena seluruhnya oleh minyak.

Nah, itu dia sekian cara atau tips menggoreng ikan agar dagingnya tidak hancur dan meletus-letus.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓