4 Anggaran yang Menjadi Prioritas saat Mengelola Keuangan

Gayuh Tri Pinjungwati23 Sep 2020, 13:15 WIB
Diperbarui 23 Sep 2020, 13:15 WIB
keuangan

Fimela.com, Jakarta Saat menghitung pengeluaranmu, dirimu mungkin merasa banyak pengeluaran yang tidak terduga keluar. Dirimu mungkin harus memperbaiki mobil, menabung untuk masa pensiun atau melunasi utang kartu kredit. Jadi, bagaimana dirimu bisa menyeimbangkan tujuan tabungan terpisah ini? Jalan keluarnya adalah, dirimu harus bisa membuat prioritas. Berikut ini adalah beberpaa tips dan saran yang dapat membantumu mengetahui pengeluaran mana yang harus dirimu keluarkan sepenuhnya.

Utamakan Tabungan Pensiun

Kecuali jika dirimu memiliki utang yang cukup besar, tidak ada tujuan keuangan yang lebih penting daripada menabung untuk masa pensiun. Kebanyakan orang mengabaikan pensiun karena dua alasan, yaitu waktu yang masih terlalu jauh dan kedua mereka berasumsi bahwa mereka bisa terus bekerja hingga usia 70-an. Pemutusan hubungan kerja, diskriminasi usia, kewajiban perawatan keluarga, dan masalah kesehatan dapat memaksa orang untuk pensiun sejak dini.

Lunasi Utang Berbunga Tinggi

Tidak semua utang itu buruk, mungkin ada alasan strategis mengapa dirimu memilih untuk hanya melakukan pembayaran minimum atas saldo utang. Mereka mungkin memiliki tingkat bunga yang lebih rendah daripada saldo utang lainnya. Namun, jika dirimu memegang utang kartu kredit, membayarnya harus menjadi prioritas. Melunasi kartu kredit dapat membantumu terselamatkan dari suku bunga tinggi.

Memulai Dana Darurat

Menabung
Ilustrasi tips menabung/copyright shutterstock By Nattakorn_Maneerat

Setelah dirimu melunasi bentuk utang yang paling merepotkan, dirimu dapat menghindari utang di masa depan dengan menyiapkan dana darurat. Dana ini akan membantumu menutupi pengeluaran tak terduga seperti tagihan medis besar, atau dapat menutupi biaya setelah kehilangan pekerjaan yang tak terduga.

Biaya Pemeliharaan

Suatu hari nanti, atap rumah bocor, mesin cuci rusak, dirimu harus meminta bantuan tukang untuk membetulkannya. Ini bukan keadaan darurat atau biaya tak terduga, ini adalah biaya yang tidak bisa dihindari. Dirimu tahu bahwa perbaikan rumah dan mobil akan dibutuhkan. Sisihkan dana untuk perbaikan rumah dan mobil yang tak terhindarkan ini. Tabungan ini harus disimpan terpisah dari dana darurat. Sebaliknya, ini adalah dana pemeliharaan untuk pengeluaran yang dapat diprediksi dan tidak terhindarkan yang terjadi secara acak.

Jangan lupa, pengelolaan uang adalah jalann dua arah yaitu uang masuk dan uang keluar. Anggaran yang ditentukan dengan baik akan membantumu menghindari utang.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓