FIMELA FEST 2020: 5 Tanda Dirimu Terjebak dalam Hubungan Asmara yang Beracun

Gayuh Tri Pinjungwati23 Sep 2020, 15:45 WIB
Diperbarui 23 Sep 2020, 15:45 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Dirimu merasa seperti berada dalam hubungan yang tidak sehat dengan teman atau pasangan? Hubungan beracun dapat dimulai dengan sangat sehat, tetapi seiring waktu, kebiasaan tidak sehat tidak dapat dikenali dan mengubah dinamika hubungan.

Bagi beberapa pasangan, ini bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, tetapi bagi yang lain tanda-tanda ini bisa terlihat pada tahap awal kencan. Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa dirimu sedang berada dalam hubungan yang beracun.

Segalanya Tentang Si Dia

Orang beracun memiliki cara untuk membuat segalanya tentang diri mereka dan suka mengendalikan setiap keputusan, tidak peduli seberapa kecil keputusan itu. Mereka mungkin berpura-pura peduli dengan pasangan dan pendapatmu, tetapi pada akhirnya akan selalu mengutamakan diri mereka sendiri.

Suka Cemburu dan Mengontrol

Apakah pasanganmu terus-menerus memeriksa ponselmu atau merasa curiga saat dirimu keluar dengan orang lain? Jika si dia mulai merasa tidak mempercayaimu, ia mungkin cemburu dan ingin mengontrol hubunganmu. Perilaku ini sering kali merupakan akibat dari ketidakamanan mereka sendiri dan kompromi salah satu fondasi terpenting dari setiap hubungan.

Tidak Menghormati Batasan

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Nok Lek

Sangat umum bagi kepribadian beracun untuk terus-menerus mendorong dan melewati batas, membuatmu merasa ragu dan frustasi. Karena perilaku ini, mungkin akan mendapati dirimu mempertanyakan kekuatan, nilai dan harga dirimu.

Menjauhkanmu dari Keluarga dan Teman

Pada awal suatu hubungan, dirimu mungkin merasa manis atau menawan ketika seseorang ingin menghabiskan begitu banyak waktu denganmu. Seiring waktu, hal ini dapat dengan cepat meningkat menjadi posesif, yang menyebabkanmu lebih sedikit waktu dengan teman dan keluarga. Pada akhirnya dirimu akan merasa kesepian dan sendirian.

Mengharapkanmu Melakukan Apa yang Mereka Inginkan

Perilaku manipulatif sering sulit untuk ditentukan, karena sering kali dilakukan dengan cara halus yang membuatmu merasa bahwa dirimu orang yang salah. Perilaku ini memengaruhi emosimu karena biasanya disebabkan oleh perasaan bersalah. Orang beracun akan mengabaikan pendapat dan perasaanmu, yang pada akhirnya membuatmu melakukan apa yang mereka inginkan.

Jika dirimu dapat memahami salah satu tanda-tanda di atas, mungkin ini saatnya untuk mengakui bahwa hubunganmu mungkin beracun. Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa tindakan mereka menyakitimu. Untuk tahu lebih lanjut topik seputar toxic relationship, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓