FIMELA FEST 2020: 3 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan Setiap Hari untuk Mempraktikkan Self Love

Annissa Wulan23 Sep 2020, 15:02 WIB
Diperbarui 23 Sep 2020, 15:08 WIB
Ilustrasi orang bahagia

Fimela.com, Jakarta Self love adalah langkah awal yang harus bisa kamu lakukan untuk bisa mencintai orang atau hal lain di luar dirimu. Belajar tentang self love adalah proses seumur hidup.

Self love bukan pilihan, pasti ada tempat untukmu memulai. Dilansir dari yourtango.com, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan setiap hari untuk mempraktikkan self love.

1. Berhenti self talk yang negatif

Jangan melontarkan komentar yang tidak sopan atau kasar tentang dirimu sendiri. Untuk memulai self love, kamu tidak sendirian dan tidak ada hal atau siapapun yang berhak menghentikan kamu untuk merasa dicintai.

Ketika ada sesuatu negatif yang muncul di kepala, hentikan diri sendiri dengan mengatakan tidak. Hentikan self talk yang negatif untuk bisa memulai self love.

 

 

2. Mengalihkan perhatianmu

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Tyler Nix.

Inti dari mengatakan tidak adalah menghentikan pikiramu, sehingga kamu tidak terus menerus melakukan self talk negatif tentang diri sendiri. Meragukan diri sendiri itu jauh lebih buruk.

Ubahlah perhatianmu pada sesuatu yang positif. Perhatikan segala sesuatu di sekitarmu, bersyukur, dan berilah pujian kepada orang lain, ubahlah pola pikirmu.

Mulailah dengan bersyukur terhadap apapun yang berhasil kamu kumpulkan sampai dengan saat ini. Luangkan waktu untuk lebih memperhatikan hal-hal kecil dan sederhana.

3. Berlatih mengatakan hal-hal baik pada diri sendiri

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Gian Cescon.

Kamu tidak akan bisa memulai self love, tanpa mengenal dirimu sendiri. Kamu menghabiskan begitu banyak waktu untuk mengabaikan diri sendiri, sehingga tidak tahu kualitas apa dari dirimu yang luar biasa.

Ini berarti kamu harus memulai hubungan yang baru dengan diri sendiri secara perlahan. Buatlah komitmen yang baru dengan diri sendiri.

Kamu bisa memulai dengan memberi dirimu sendiri pujian yang sederhana setiap hari. Ini adalah sebuah perjalanan yang membutuhkan waktu dan usaha.

Akan ada hari yang sulit untuk dihadapi, tapi jangan menyerah. Selamat mencoba, Sahabat FIMELA!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓