Sukses

Lifestyle

5 Minuman Unik khas Sumatera Barat yang Bisa Menyehatkan Badan

Fimela.com, Jakarta Indonesia terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas kuliner yang berbeda juga. Salah satunya adalah daerah Sumatera Barat, yang memiliki minuman khas dengan rasa unik, dan memiliki kandungan gizi yang bisa menyehatkan badan.

Sumatera Barat sangat terkenal dengan makanan khas yang mendunia seperti rendang, sate padang, nasi padang dan lain sebagainya. Sumatera Barat juga terkenal dengan daerah wisatanya yang bisa menyegarkan mata.

Yuk kita simak aneka minuman unik khas Sumatera Barat, yang bisa menyehatkan badan, menambah energi harian dan penyajiannya pun sangatah mudah. Dilansir dari Brilio.net:

Teh Talua

Minuman khas Sumatera Barat yang pertama adalah teh talua atau teh telur. Minuman ini sangat unik karena terbuat dari campuran teh dan telur. Minuman teh talua ini sangat sering ditemukan di kedai atau warung kopi.

Minuman ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, bisa menambah stamina, menguatkan sistem imunitas tubuh, meningkatkan suasana hati dan bisa menghangatkan tubuh.

Untuk menyajikan minuman teh talua ini, biasanya juga bisa disajikan dengan perasan jeruk nipis, yang bisa membuat rasa dari teh talua ini semakin menyegarkan.

Aia Kawa

Minuman khas Sumatera Barat yang selanjutnya adalah aia kawa. Minuman ini terbuat dari daun kopi, yang cara pembuatannya adalah dengan diseduh air panas. Minuman ini sangat terkenal bagi pecinta kopi di daerah Sumatera Barat.

Pada awalnya minuman ini populer saat zaman Belanda. Karena warga Sumatera Barat dilarang mengonsumsi biji kopi. Zaman dulu biji kopi diperjual belikan oleh Belanda, walaupun biji kopi ditanam dan dibudidayakan oleh orang Sumatera Barat.

Masyarakat Sumatera Barat tetap mencari cara agar bisa menikmati kopi. Akhirnya mereka menyeduh daun kopi dengan air hangat, lalu diminum menggunakan tempurung kelapa.

Aia Aka

Minuman yang selanjutnya adalah aia aka atau biasa disebut dengan aia kacang. Minuman ini berbahan dasar cincau hijau, yang memiliki tekstur kenyal seperti agar-agar dan berwarna hijau.

Minuman ini sama dengan es cincau pada umumnya. Namun minuman yang disajikan dengan air santan ini, juga dicampur dengan air jeruk nipis yang bisa menyegarkan, menambah sistem kekebalan tubuh dan meredakan flu.

Es Tebak

Dari namanya saja sudah terdengar unik, es tebak adalah minuman pencuci mulut atau hidungan penutup, yang dihidangkan untuk menyegarkan dahaga. Minuman yang satu ini hampir sama dengan es campur.

Es tebak terbuat dari bahan dasar tebak atau tepung beras kentan dan tepung sagu yang dimasak dengan air garah dan kapur sirih. Minuman ini juga dihidangkan dengan campuran cincau hitam, kolang-kaling, sirup merah, susu kental manis dan es serut.

Jus Pinang Muda

Minuman unik yang terakhir adalah jus pinang muda. Minuman ini sangat populer dikalangan lelaki, karena bisa membantu menambah energi, stamina dan sistem kekebalan tubuh.

Biasanya minuman ini disajikan dengan tambahan telur, susu, jahe dan madu. Minuman ini juga bisa menghangatkan tubuh dan menyembuhkan demam atau flu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading