5 Pengeluaran yang Tanpa Disadari Bikin Boros

Imelda Rahma23 Sep 2020, 18:45 WIB
Diperbarui 23 Sep 2020, 18:45 WIB
Pengeluaran

Fimela.com, Jakarta Ditengah pandemi seperti ini, kita dituntut untuk bisa hidup lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan. Prinsipnya sekarang perlu diubah, bukan membeli karena keinginan tetapi membeli karena kebutuhan. Oleh karena itu, menjadi penting bagi kamu untuk memiliki skala prioritas agar kondisi keuangan menjadi tetap stabil.

Sayangnya, ada sejumlah pengeluaran yang tanpa kita sadari membuat kita justru berperilaku boros. Biasanya pengeluaran tersebut digunakan untuk membayar atau membeli barang dan jasa yang sifatnya sekunder, yakni penting tetapi tidak mendesak. Seharusnya untuk kebutuhan sekunder, kamu bisa mengaturnya sedemikian rupa agar bisa terpenuhi tanpa membuatmu menjadi konsumtif atau boros.

Ingat, mengelola kondisi finansial itu amat penting karena kamu tidak hanya hidup dan memenuhi kebutuhan untuk hari ini saja, tetapi juga memastikan kebutuhanmu pada masa yang akan datang. Dengan cara ini, kamu akan terhindar dari krisis keuangan yang bisa membuatmu kerepotan.

Nah, berbicara soal pengeluaran, kamu perlu tahu pengeluaran apa saja yang membuatmu boros. Dilansir dari Liputan6.com, kali ini Fimela.com akan mengulas 5 pengeluaran yang tanpa disadari bikin boros. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Membeli Jajanan Murah

Membeli Jajanan Murah
Ilustrasi Street Food Credit: unsplash.com/James

Pertama, pengeluaran yang tanpa disadari bikin boros adalah hobi membeli jajanan yang murah. Sebenarnya tidak masalah jika ingin makan jajanan street food, tetapi jika kamu membelinya terlalu sering, harga yang murah itu akan bertumpuk setiap harinya dan tanpa disadari membuat dompet menipis.

Maka dari itu, agar kamu tidak boros, sebaiknya beli jajanan seperlunya saja, tidak perlu setiap hari. Jika kamu punya masalah terhadap napsu makan yang tidak bisa ditunda, sebaiknya kamu masak di rumah dan membawa bekal atau membeli makanan ringan dalam jumlah besar untuk berjaga-jaga.

Perawatan Kecantikan yang Berlebihan

Perawatan Kecantikan yang Berlebihan
Ilustrasi Perawatan Kecantikan Credit: unsplash.com/Adam

Kedua, pengeluaran lainnya yang tanpa disadari bikin boros dan dompet makin menipis ialah perawatan kecantikan yang berlebihan. Memang merawat wajah dan tubuh adalah hal wajib sebagai bentuk self love, tetapi jika kamu memilih perawatan yang sebenarnya tidak perlu, maka kamu bisa mengeluarkan dana yang lebih besar dari yang seharusnya.

Oleh karena itu, sebelum melakukan perawatan kecantikan, coba dipikirkan lagi perawatan apa saja yang sebenarnya kamu butuhkan dan sifatnya mendesak. Jika masih bisa ditunda, lebih baik jadikan perawatan lainnya sebagai prioritas kedua yang bisa kamu lakukan di lain waktu.

Biaya Langganan Aplikasi

Biaya Langganan Aplikasi
Ilustrasi Langganan Netflix Credit: unsplash.com/freestocks

Ketiga, pengeluaran yang satu ini pasti bisa menjadi dilema untukmu. Ada banyak aplikasi atau layanan hiburan berlangganan yang bisa kamu akses dan beberapa orang menganggap bahwa kebutuhan layanan hiburan tersebut begitu penting. Namun, jika tidak dikelola dengan baik atau kamu berlangganan pada banyak aplikasi, keuanganmu jadi bermasalah nantinya.

Oleh karena itu, dalam berlangganan, ada baiknya kamu cukup bijak dengan memilih layanan dengan harga semurah mungkin. Tentu saja hal ini dilakukan untuk menekan angka pengeluaranmu.

Hobi Memakai Jasa Online

Hobi Memakai Jasa Online
Ilustrasi Platfrom Digital Credit: unsplash.com/Thought

Keempat, pengeluaran lainnya yang tanpa kamu sadari membuatmu boros ialah hobi menggunakan jasa online. Sudah tidak bisa dipungkiri kini jasa online seperti, Gojek dan Grab sudah menjadi bagian dari keseharian kita untuk membantu pekerjaan kita menjadi lebih cepat selesai dan mudah. Namun, jika kamu memakai jasanya setiap hari, keuanganmu bisa terganggu.

Oleh karena itu, pastikan kamu hanya memakai jasa online untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak saja. Jika barang yang ingin kamu antar atau ambil jaraknya tidak jauh, maka lebih baik diambil sendiri untuk menghemat ongkos kirim yang biasa kamu keluarkan saat memakai jasa online.

Biaya Laundry Pakaian

Biaya Laundry Pakaian
Ilustrasi Laundry Credit: unsplash.com/Sarah

Terakhir, pengeluaran yang kerap kali tidak kamu sadari bikin boros ialah biaya laundry yang kamu keluarkan tiap minggu. Mungkin kamu akan berdalih karena jasa laundry adalah kebutuhan primer. Namun, sebenarnya kamu bisa menghematnya dengan mencuci pakaian sendiri atau memilih jasa laundry dengan harga yang paling terjangkau.

Ingat, jika kamu kamu punya banyak waktu luang untuk mencuci baju sendiri, mengapa masih mengandalkan jasa laundry? Mencuci baju sendiri punya manfaat kesehatan juga, mencuci pakaian sama dengan membakar lemak seperti kamu sedang berolahraga. Inilah mengapa mencuci baju sendiri menjadi pilihan terbaik.

Lanjutkan Membaca ↓