Takut Jatuh Cinta? Kenali 5 Tanda Seseorang Mengalami Philophobia

Gayuh Tri Pinjungwati24 Sep 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 24 Sep 2020, 16:45 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Filofobia adalah ketakutan akan cinta, ini merupakan fobia spesifik di mana seseorang takut mengembangkan segala jenis ketertarikan emosional dengan orang lain. Penyebab filofobia bervariasi dan terkadang hampir tidak mungkin untuk menguraikan mengapa hal ini bisa terjadi.

Orang-orang yang telah memiliki kondisi broken home, mengalami segala jenis kekerasan dalam rumah tangga atau penganiayaan di rumah sebagai seorang anak kecenderungan besar untuk mengembangkan filofobia ketika mereka beranjak dewasa. Untuk mengenali tanda  filofobia pada seseorang, berikut ini adalah beberapa tanda yang dapat dipelajari.

Seseorang Tidak dapat Melepaskan Masa Lalu

Salah satu gejala pertama filofobia terkait dengan trauma masa lalu. Orang dengan filofobia biasanya memiliki banyak beban emosional dari hubungan masa lalu mereka. Ini merupakan beban berat bagi mereka dan tidak memungkinkan mereka untuk melanjutkan hidup. Hal seperti ini bisa terjadi jika dirimu pernah terluka atau hancur secara emosional di masa lalu, tetapi bekas luka itu belum sembuh.

Terlalu Takut Hatimu Hancur

Seseorang mungkin berpikir bahwa setiap orang memiliki niat untuk menyakiti mereka dan menghancurkan hati mereka yang rapuh. Itu adalah sesuatu yang paling membuat mereka takut untuk melalui rasa sakit emosional sekali lagi.

Tidak dapat Membuka Diri untuk Orang Lain

perempuan sedih
ilustrasi perempuan sendiri/Photo by Miftah Rafli Hidayat from Pexels

Apa yang sebenarnya paling membuat seseorang takut jatuh cinta adalah ketertarikan emosional yang dibawa cinta dengan dirinya sendiri. Membuka diri terhadap orang lain pada tingkat yang lebih dalam dan membentuk hubungan yang bermakna serta ikatan emosional adalah sesuatu yang tidak dapat dibayangkan untuk dilakukan. Seseorang mungkin memiliki banyak teman dan tidak keberatan untuk bergaul dengan mereka, hanya saja mereka mereka jarang merasa nyaman untuk menunjukkan dirimu yang sebenarnya.

Memiliki Masalah Kepercayaan

Jika dirimu adalah seseorang yang dikhianati atau ditusuk dari belakang di masa lalu oleh orang terdekatmu, tidak heran jika dirimu berhenti mempercayai orang lain. Dirimu tidak memiliki keyakinan bahwa setiap orang pada dasarnya baik dan mungkin dirimu akan menjadi terlalu berhati-hati dalam hubungan romantis. Bahkan mungkin dirimu berpikir bahwa setiap orang yang dirimu temui akan menyakitimu atau memanfaatkanmu. Seiring waktu, dirimu belajar untuk tidak bergantung pada siapa pun.

Terlalu Menikmati Status Single

menikmati masa single
Menikmati waktu./Copyright shutterstock.com/g/Chankowet

Tanda lain bahwa seseorang menderita ketakutan akan jatuh cinta adalah kenyataan bahwa mereka menghargai status lajang lebih dari apa pun. Terkadang dirimu juga tidak dapat membayangkan berbagi hidup dengan orang lain dan ke titik di mana dirimu telah sepenuhnya menyerah pada cinta. Kehidupan melajang telah menjadi zona nyaman. Itu adalah sesuatu yang akrab bagimu, sesuatu yang bisa dilakukan dan gaya hidup yang bahkan tidak terpikirkan olehmu untuk ditinggalkan dalam waktu dekat.

Nah, itu tadi beberapa tanda seseorang mengalami filofobia. Apakah Sahabat Fimela pernah merasakannya?

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓