12 Makanan Cocok untuk Sarapan Jika Ingin Cepat Menurunkan Berat Badan

Febi Anindya Kirana27 Sep 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 27 Sep 2020, 12:15 WIB
sarapan oatmeal

Fimela.com, Jakarta Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memulai hari mereka dengan sarapan bukan hanya akan memiliki tubuh lebih sehat tapi juga memiliki berat badan lebih ideal. Ini karena sarapan mampu membantu membuatmu tidak makan berlebihan saat malam hari.

Meski tentu saja ada orang-orang yang justru terbiasa tidak sarapan. Tapi jika ingin menurnkan berat badan dengan rajin sarapan dan menghindari makan malam, ada satu hal yang perlu dicatat, yaitu menentukan makanan apa yang sebaiknya disantap. Seperti dilansir Health, ini sekian menu sarapan terbaik jika ingin menurunkan berat badan.

1. Telur

Kaya protein, serat dan vitamin, telur sangat mengenyangkan dan rasa gurihnya sangat cocok untuk orang yang tak suka sarapan makanan manis.

2. Roti gandum

Roti atau sereal gandum tinggi serat sangat baik mengisi perut pagi hari. Membuatmu kenyang namun dengan kalori yang rendah.

3. Pisang

Makan pisang juga bisa sangat mengenyangkan. Batasi porsinya cukup dua buah maksimal di pagi hari karena kandungan gulanya yang cukup tinggi.

4. Yogurt

yogurt
ilustrasi yogurt/Image by Aline Ponce from Pixabay

Makan yogurt mungkin tidak mengenyangkan tapi sangat baik untuk pencernaan. Jika ingin diet dengan memangkas banyak kalori, yogurt adalah menu sarapan yang tepat.

5. Alpukat

Buah alpukat sangat dianjurkan dimakan pagi hari karena kaya lemak sehat dan serta sehingga mengenyangkan dan menahan lapar hingga siang.

6. Teh

Minum teh juga sangat membantu mengisi perut jika kamu tak mau mmakan sesuatu yang berkalori di pagi hari. Pastikan tidak menambah gula berlebihan.

7. Kopi

Minum kopi pahit cukup berisiko saat lambung kosong, tapi jika tak masalah minum kopi di pagi hari, kopi bisa jadi sarapan yang menyehatkan dan meningkatkan konsentrasi.

8. Oatmeal

Salad Buah Saus Yogurt Mayonaise
Ilustrasi Salad Buah Saus Yogurt Mayonaise Credit: pexels.com/Trang

Makan oatmeal akan sangat baik untuk perut kosong di pagi hari. Seratnya yang sangat tinggi ampuh membuat perut kenyang lama.

9. Salad sayuran

Boleh direbus atau dimakan mentah, salad sayur sangat kaya serat dan sangat cocok jadi menu diet pagi hari.

10. Tahu dan tempe

Makan makanan olahan kedelai juga sangat mengenyangkan. Tahu dan tempe bukan hanya kaya serat tapi juga rendah kalori.

11. Buah-buahan asam

Makan buah-buahan seperti strawberry, jeruk, tomat, dan anggur akan sangat baik dijadikan sarapan karena lebih rendah gula daripada buah-buahan lainnya.

12. Hindari makanan bergula

Ini poin utama yang perlu dicatat, makan makanan secukupnya dengan kandunganngula yang rendah. Jangan makan roti tawar dengan selai atau kental manis. Kalorinya tetap tinggi, kecuali aktivitasmu sangat banyak.

Itu dia sekian menu sarapn yang bisa dikonsumsi jika ingin cepat menurunkan berat badan.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓