5 Manfaat Daun Kari yang Ampuh Mencegah Diabetes

Kezia Prasetya Christvidya25 Sep 2020, 10:15 WIB
Diperbarui 25 Sep 2020, 10:15 WIB
daun kari-kezo

Fimela.com, Jakarta Daun kari adalah bahan masakan yang bisa membuat rasa makanan menjadi lebih enak. Daun kari yang memiliki nama lain kadi patta ini, ternyata sangat banyak ditanam di negara India.

Selain dijadikan sebagai bahan masakan, daun kari juga dijadikan sebagai tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Daun kari juga terkenal di negara-negara yang ada di Asia, bahkan hampir terkenal diseluruh dunia.

Daun kari memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin B2. Berikut manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes, dilansir dari Brilio.net:

 

Mencegah Penyakit Diabetes

ilustrasi manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes/Ken Ozuna/pexels
ilustrasi manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes/Ken Ozuna/pexels

Manfaat daun kari yang pertama yaitu bisa membantu mencegah penyakit diabetes. Diabetes disebabkan karena kadar gula di dalam tubuh terlalu tinggi. Akibat mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula tambahan, obesitas atau karena keturunan dari keluarga.

Mengonsumsi daun kari bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, agar tidak menyebabkan penyakit diabetes. Daun kari juga bisa melindungi sel pankreas dari insulin dan mencegah kerusakan organ tubuh akibat gula.

 

Menurun Berat Badan

ilustrasi manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes/Natasha Spencer/pexels
ilustrasi manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes/Natasha Spencer/pexels

Daun kari dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Sehingga daun kari ini cukup populer dikalangan orang yang sedang melakukan diet. Daun kari memiliki kandungan alkaloid karbazol, yang bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dan kadar lemak di dalam tubuh.

Daun kari ini bisa dikonsumsi secara mentah, dibuat menjadi olahan masakan atau dicampur dengan salad. Namun untuk mendapatkan berat badan yang ideal, harus diimbangi dengan olahraga yang rutin.

 

Melancarkan Sistem Pencernaan

ilustrasi manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes/Andrea Piacquadio/pexels
ilustrasi manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes/Andrea Piacquadio/pexels

Manfaat daun kari yang selanjutnya adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga akan terhindar dari penyakit sembelit dan diare. Daun kari bermanfaat untuk membantu memperlancar sistem kerja usus, merangsang enzim pencernaan dan mengobati sakit perut.

Daun kari bisa disajikan dengan cara dihaluskan, lalu diseduh dengan air hangat tanpa menambahkan gula, dan dikonsumsi pada pagi hari saat perut masih kosong.

Menjaga Kesehatan Mata

ilustrasi manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes/the framestreet/pexels
ilustrasi manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes/the framestreet/pexels

Daun kari memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A. Kandungan vitamin A bisa membantu menjaga kesehatan mata. Bahkan zaman dulu, daun kari digunakan untuk obat tradisional, yang bisa menyembuhkan sakit katarak pada mata.

Rutin mengonsumsi daun kari, bisa membantu menambah nutrisi berupa vitamin A di dalam tubuh, yang bisa menguatkan penglihatan mata, mengurangi mata rabun dan mencegah peradangan pada mata karena iritasi.

Menyembuhkan Luka

ilustrasi manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes/Engin Akyurt/pexels
ilustrasi manfaat daun kari yang ampuh mencegah diabetes/Engin Akyurt/pexels

Manfaat daun kari yang terakhir adalah membantu menyembuhkan luka. Daun kari memiliki kandungan senyawa yang bersifat sebagai antiinflamasi. Kandungan ini bisa membantu mencegah peradangan dan rasa nyeri, yang disebabkan karena luka sayatan, luka akibat jatuh hingga luka karena jerawat.

Daun kari memiliki kandungan alkaloid karbazol, yang bisa membantu menutup luka dan mempercepat penyembuhan. Kamu cukup menghaluskan daun kari yang sudah dicuci bersih, kemudian tempelkan pada area luka yang meradang, tunggu beberapa saat dan cuci hingga bersih.

Lanjutkan Membaca ↓