Perempuan yang Terbiasa Mencoba Banyak Hal Sendirian, Hari-harinya Takkan Kelabu

Endah Wijayanti25 Sep 2020, 13:35 WIB
Diperbarui 25 Sep 2020, 13:35 WIB
perempuan bekerja keras

Fimela.com, Jakarta Terbiasa mandiri dan melakukan banyak hal sendirian awalnya mungkin tidak mudah. Jelas berat rasanya saat harus mengerjakan atau melakoni sesuatu seorang diri. Tidak terus bergantung pada orang lain, entah karena keadaan atau karena keinginan sendiri, membentuk pribadi kita jadi lebih mandiri. 

Mungkin ada yang pernah mencibir kita karena seakan "kasihan" karena melakukan banyak hal senidrian. Padahal kita tidak punya masalah melakukan banyak hal sendirian. Menjalani sejumlah hal sendirian bisa memberi banyak manfaat dan dampak positif sendiri bagi kehidupan kita. Mencoba berbagai hal baru sendirian tanpa harus menunggu orang lain bisa membuat hari-hari kita selalu berwarna.

“Beautiful creatures

cannot be confined

Her wings will grow,

she'll find the sky.”

― Christy Ann Martine

Lebih Mandiri Membuat Kita Lebih Berani

Hidup selalu menawarkan banyak pengalaman baru. Jika kita tak mau bergerak untuk mencoba hal-hal baru, maka selamanya kita akan terkungkung di tempat yang sama. Mencoba hal-hal baru seorang diri, kita bisa terlatih untuk lebih mandiri. Dari sini kepribadian kita pun bisa lebih tangguh dan jiwa kita lebih berani. 

Melakukan Sesuatu Sendirian Membuat Hidup Lebih Bermakna 

Adakalanya kita butuh waktu untuk diri sendiri melakukan sesuatu yang kita suka. Kembali menyayangi diri sendiri. Kembali mencintai diri sendiri dengan mencoba hal-hal yang sudah lama kita inginkan. Tak harus menunggu orang lain atau ditemani orang lain yang belum tentu selalu ada untukmu untuk mencoba sesuatu. Bahkan dengan melakukan sesuatu sendirian, hidup akan terasa lebih menyenangkan dan bermakna.

Bisa Lebih Mudah Menciptakan Kebahagiaan untuk Diri Sendiri

perempuan bahagia
ilustrasi./Photo by popcorner (Shutterstock)

“The world stopped fighting for me long ago,

I had to rely on self and pave a path on my own.

Some of us women are fierce beyond our means,

We are raised by warriors to be nothing but queens.”

― Nikki Rowe

Kita sering merasa harus memiliki sesuatu atau menunggu sesuatu untuk bisa bahagia. Padahal kebahagiaan itu bisa kita ciptakan sendiri. Bahkan penting untuk benar-benar menyadari bahwa kebahagiaan itu kita yang hadirkan dalam hidup ini. Saat semua orang berpaling darimu atau orang yang kamu cintai ternyata mengkhianatimu, maka sosok terbaik untuk membuatmu kembali bahagia adalah dirimu sendiri. Mencoba hal-hal baru sendirian dan menjalani banyak hal seorang diri bisa membantumu untuk menemukan kebahagiaan-kebahagiaan barumu.

Tidak Mudah Tenggelam dalam Kesedihan

Wajar bila kita kita akan bersedih saat dihadapkan pada hal-hal yang tak menyenangkan. Tak apa untuk bersedih saat kita terluka atau tersakiti. Hanya saja jangan sampai kita tenggelam terlalu dalam pada kesedihan itu. Tak perlu terlalu lama murung dalam hari-hari yang kelabu. Jiwamu lebih kuat dari yang kamu sadari. Hatimu lebih tangguh dari yang kamu tahu. Terbiasa melakukan banyak hal sendirian akan memudahkanmu untuk bisa kembali bersemangat menjalani hidup ini.

Bagi kamu yang terbiasa melakukan banyak hal sendirian, tetaplah tangguh ya Sahabat Fimela. Hidup mungkin tak selalu mudah untuk dijalani tapi kamu pasti selalu punya kemampuan dan kekuatan untuk menjalani hidup ini dengan lebih bermakna.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓