4 Tips untuk Memprioritaskan Tujuan Menabung yang Lebih Efektif

Gayuh Tri Pinjungwati25 Sep 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 25 Sep 2020, 13:45 WIB
tabungan

Fimela.com, Jakarta Menerima nasihan untuk menyimpan uang adalah hal yang biasa, tetapi banyak orang tidak tahu bagaimana untuk melakukannya. Penting agar uang yang ditabung memiliki tujuan tertentu sehingga dirimu menemukan cara terbaik untuk membuat uang itu tumbuh dan mulai membangun kekayaan.

Memahami tujuan setiap jenis tabungan dan investasi, bersama dengan waktu terbaik masing-masing, dapat membantumu mengetahui bagaimana membuat prioritas saat dirimu mulai menyisihkan uang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mempriortitaskan uang tabungan.

Simpan untuk Keadaan Darurat

Biasanya, prioritas pertamamu adalah menabung dana darurat untuk pengeluaran selama tiga hingga enam bulan. Segera setelah memiliki cukup uang untuk dimasukkan ke rekening tabungan, lakukanlah karena ini akan menghasilkan lebih banyak bunga dengan cara itu. Karena uang ini adalah dana darurat, seharusnya mudah diakses jika dirimu membutuhkannya.

Dana darurat harus digunakan untuk peristiwa yang serius seperti kehilangan pekerjaan atau berurusan dengan biaya medis yang tidak terduga. Untuk hal seperti perbaikan rumah dan mobil, buat anggaran terpisah dan sisihkan uang di luar dana darurat.

Fokus Dana Pensiun

menabung
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Siriluk ok

Setelah dirimu detidaknya membuat kemajuan dengan dana darurat, dirimu dapat bekerja untuk menabung masa pensiun. Seorang penasihat keuangan dapat membantumu memutuskan berapa banyak yang akan mulai disisihkan, tetapi 15% dari pendapatanmu adalah target yang baik untuk dikerjakan. Dirimu dapat membangun kebiasaan ini secara bertahap saat menerima gaji dan melunasi pinjaman terlebih dahulu.

Bekerja Menuju Tujuan Lain

Setelah memiliki dana darurat dan tabungan pensiun yang semakin besar, barulah dirimu bisa memulai menabung untuk tujuan lain, seperti membeli mobil, uang muka untuk rumah, atau liburan. Prioritas untuk tujuan-tujuan ini harus benar-benar bergantung pada situasi pribadi. Jika ingin membeli rumah baru dalam beberapa tahun ke depan, itu harus didahulukan. Jika dirimu akan segera menikah, makan menabung untuk bulan madu mungkin bisa menjadi prioritas utamamu.

Mulai Berinvestasi

Jika memiliki lebih banyak uang untuk ditabung dan benar-benar tertarik untuk membangun kekayaan, dirimu dapat menyisihkan uang tambahan setiap bulan dan mulai menginvestasikannya di pasar saham. Saat berinvestasi di pasar saham, penting untuk perpikir jangka panjang. Carilah dana investasi dengan riwayat pertumbuhan yang baik.

Saat dirimu bekerja untuk membangun kekayaan, penting juga untuk memiliki tujuan uang ini. Mungkin pensiun dini, dapat membantu anak sekolah hingga perguruan tinggi atau membeli rumah. Sahabat Fimela mungkin juga dapat meninggalkan warisan yang baik untuk anak-anak kelak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓