Jenis Makanan yang Bisa Mencegah Radikal Bebas Masuk ke Dalam Tubuh

Kezia Prasetya Christvidya26 Sep 2020, 12:45 WIB
Diperbarui 26 Sep 2020, 12:45 WIB
makanan-kezo

Fimela.com, Jakarta Radikal bebas adalah molekul yang bisa merusak sel tubuh. Radikal bebas bisa merupakan proses alami di dalam tubuh, namun radikal bebas juga bisa disebabkan karena faktor dari luar tubuh, seperti asap kendaraan, asap rokok dan makanan yang tidak bergizi.

Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh. Karena bisa merusak sel-sel penting yang ada di dalam tubuh, lalu menyebabkan penyakit yang kronis hingga menyebabkan kematian. Radikal bebas yang ada di dalam tubuh, harus diimbangi dengan antioksidan agar sel di dalam tubuh lebih terlindungi.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk membuat sel-sel di dalam tubuh lebih kuat, dan tidak mudah terserang penyakit yang kronis hingga mematikan. Seperti mengonsumsi makanan yang bergizi. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh, dilansir dari Brilio.net:

 

Jenis Makanan yang Tinggi Vitamin C

ilustrasi jenis makanan yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh/Anna Tukhfatullina Food Photographer/Stylist/pexels
ilustrasi jenis makanan yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh/Anna Tukhfatullina Food Photographer/Stylist/pexels

Untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh, Sahabat Fimela harus mengonsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Seperti lemon, jeruk, kiwi, jambu biji, leci dan lain-lain.

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah-buahan tersebut, bisa membantu meningkatkan proses produksi sel imunitas di dalam tubuh, untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas.

Mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan vitamin C, juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit, mencegah sakit flu, melancarkan sistem pencernaan, membantu menurunkan berat badan dan lain sebagainya.

Jenis Makanan yang Tinggi Vitamin E

ilustrasi jenis makanan yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh/Karolina Grabowska/pexels
ilustrasi jenis makanan yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh/Karolina Grabowska/pexels

Jenis makanan yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh yang selanjutnya, yaitu mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin E. Karena kandungan vitamin E bisa laruk di lemak tubuh.

Makanan yang memiliki kandungan kaya akan vitamin E adalah alpukat, kacang tanah, minyak zaitun, almon dan jenis kacang-kacangan atau biji-bijian lainnya.

Selain bisa membantu mencegah radikal bebas, jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin E, bisa membantu melancarkan sistem kerja saraf, menyembuhkan luka, menjaga keseimbangan hormon, membantu merawat masalah kulit dan lain sebagainya.

Beta Karoten

ilustrasi jenis makanan yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh/Alexander Mils/pexels
ilustrasi jenis makanan yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh/Alexander Mils/pexels

Beta karoten adalah sejenis kandungan dalam buah-buahan dan sayuran, yang bisa memberikan pigmen buah dan sayur menjadi warna oranye dan kuning. Jenis makanan yang mengandung beta karoten memiliki sifat antioksidan, yang bisa membantu mencegah radikal bebas yang menyerang sel di dalam tubuh.

Jenis makanan yang memiliki kandungan beta karoten, sangat sering kita jumpai dan memiliki harga yang relatif ekonomis. Seperti wortel, ubi, bayam, melon dan lain lain.

Makanan ini sangat baik dikonsumsi, karena bisa membantu menjaga kesehatan mata, membantu menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan paru-paru, menjaga kesehatan fungsi otak dan lain sebagainya.

Lemak Omega3

ilustrasi jenis makanan yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh/Valeria Boltneva/pexels
ilustrasi jenis makanan yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh/Valeria Boltneva/pexels

Jenis makanan terakhir yang bisa mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh, yaitu makanan yang memiliki kandungan kaya akan lemak omega3. Asam lemak omega 3 ini sangat diperlukan di dalam tubuh, untuk membantu melindungi sel-sel di dalam tubuh, dan memiliki sifat antioksidan dam anti peradangan, agar manusia tidak mudah terserang penyakit.

Asam lemak omega 3 juga memiliki manfaat lain yaitu meningkatkan kepadatan tulang, mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh, meningkatkan produksi sel di dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung dan lain-lain.

Asam lemak omega 3 ini sangat mudah ditemukan di dalam ikan-ikanan laut, seperti salmon atau kakap yang baik dikonusmsi untuk tubuh. Namun asam lemak omega 3 juga bisa ditemukan dengan mengonsumsi telur.

Lanjutkan Membaca ↓