Jenis Dedaunan yang Cocok Digunakan untuk Olahan Masakan

Kezia Prasetya Christvidya26 Sep 2020, 09:45 WIB
Diperbarui 26 Sep 2020, 10:08 WIB
daun-kezo

Fimela.com, Jakarta Masakan khas dari Indonesia memiliki cita rasa yang unik dan sangat lezat. Karena masakan khas Indonesia diolah dengan berbagai macam bumbu, rempah dan dedaunan yang beraneka ragam.

Cukup unik, namun sering kali ditemukan di masakan khas Indonesia, yang dimasak menggunakan bahan dedaunan. Justru tanpa menggunakan dedaunan ini, cita rasa masakan Indonesia tidak akan terasa begitu sedap.

Dedaunan yang digunakan untuk olahan masakan ini, juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan, dilansir dari Brilio.net:

Daun Kemangi

ilustrasi jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan/ISHA FRANDIKA HUTAMA/shutterstock
ilustrasi jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan/ISHA FRANDIKA HUTAMA/shutterstock

Jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan yang pertama adalah kemangi. Daun ini sering kali kita temukan di dalam lalapan. Daun ini memiliki rasa wangi yang bisa membuat masakan tercium bau wangi dan lezat.

Daun kemangi ini juga digunakan untuk olahan masakan pepes, untuk mengurangi bau amis pada ikan yang dipepes. Daun ini juga bisa digunakan untuk dimasak bersama olahan masakan laut, seperti cumi, kepiting, lobster dan lainnya.

Daun kemangi sangat baik untuk dikonsumsi secara mentah maupun masak, karena memiliki manfaat yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung, melancarkan sistem pencernaan, mengontrol kadar gula darah, mengurangi stres dan mengurangi peradangan serta pembengkakan pada luka.

Daun Jeruk Purut

ilustrasi jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan/ Friday Images Stock/pexels
ilustrasi jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan/ Friday Images Stock/pexels

Daun jeruk purut adalah daun yang sering digunakan untuk membuat cita rasa masakan lebih segar. Daun ini cocok digunakan untuk masakan seperti tumisan, soto, nasi goreng, olahan jengkol dan lain sebagainya.

Daun jeruk purut ini juga sering dijadikan bahan utama untuk membuat sambel. Daun jeruk purut sangat mudah untuk didapatkan di pasaran atau dihalaman rumah. Daun ini juga dijual dengan harga yang sangat ekonomis.

Daun jeruk purut memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan gigi, membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh dan lain sebagainya.

Daun Bawang

ilustrasi jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan/AMA Studio/shutterstock
ilustrasi jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan/AMA Studio/shutterstock

Sering kali kita menemukan daun bawang diolahan masakan khas Indonesia. Daun bawang ini memiliki rasa yang enak, segar dan memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Daun bawang ini bisa dinikmati dalam keadaan mentah untuk taburan makanan.

Daun bawang ini biasanya diolah menjadi masakan seperti bakwan, telur dadar, martabak, mie ayam, sup, bakso dan lain-lain, untuk membantu menambah cita rasa menjadi lebih gurih.

Daun bawang memiliki kandungan serat dan kaya akan vitamin. Sehingga daun bawang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata, mencegah pertumbuhan sel kanker, menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah diabetes hingga membantu mencegah kanker.

Daun Seledri

ilustrasi jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan/Vova Shevchuk/shutterstock
ilustrasi jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan/Vova Shevchuk/shutterstock

Daun seledri adalah daun yang biasanya disajikan bersamaan dengan daun bawang. Perpaduan daun seledri dan daun bawang ini, bisa membuat cita rasa sebuah masakan menjadi lebih gurih dan beraroma wangi.

Daun seledri sering kali diijadikan bahan olahan masakan seperti jus, sup, bakso, bubur dan masakan berkuah lainnya.

Walaupun memiliki rasa yang agak pahit, namun daun seledri ini bisa membantu mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan darah tinggi, menyembuhkan jerawat dan mencegah penyakit jantung hingga storke.

Daun Pandan

ilustrasi jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan/Fendy halim/shutterstock
ilustrasi jenis dedaunan yang cocok digunakan untuk olahan masakan/Fendy halim/shutterstock

Daun pandan adalah daun yang memiliki aroma yang sangat wangi. Daun ini biasa digunakan untuk membuat aroma masakan menjadi lebih wangi, seperti bubur kacang hijau, bubur sumsum, puding dan lain sebagainya.

Selain dijadikan sebagai bahan olahan masakan, daun pandan juga digunakan untuk pengharum ruangan dan bahan perawatan kulit. Namun daun pandan ini tidak bisa dimakan secara mentah, karena rasanya tidak sedap jika dimakan.

Daun pandan ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, antara lain membantu untuk menurunkan kadar gula darah, mencegah diabetes, mentralkan racun, sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan kulit.

 

Lanjutkan Membaca ↓