Daftar Kartu Prakerja Ditutup Hari Ini, 2 Alasan Tidak Lolos Pendaftaran

Vinsensia Dianawanti28 Sep 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 28 Sep 2020, 13:30 WIB
pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 baru dibuka pada Sabtu, 26 September 2020. Masih dengan melalui laman www.prakerja.go.id, masyarakat yang menjadi sasaran program ini bisa mendaftarkan diri.

Berbeda dari gelombang sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 ditutup lebih cepat pada hari ini (28/9) pukul 12.00 tadi. Artinya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 hanya dibuka tiga hari saja.

Kuota pendaftar yang tersedia pun lebih sedikit dari gelombang sebelumnya. Yakni hanya 200ribu orang. Kuota ini merupakan sisa yang didapat dari gelombang 1-9.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 akan menjadi gelombang terakhir di 2020. Ini menjadi kesempatan terakhirmu untuk mendaftar Kartu Prakerja setelah gagal pada gelombang sebelumnya.

Dalam Live Instagram pada Sabtu (26/9), Direktur Operasi Kartu Prakerja Hengki Sihombing menuturkan ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang daftar gagal Kartu Prakerja. Sakah satunya golongan masyarakat yang tidak sesuai dengan target Kartu Prakerja.

 

Alasan gagal di tahap pendaftaran

kerja keras bagai kuda 1
Ilustrasi./Copyright pexels.com

Menurut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Kartu Prakerja terdapat beberapa golongan yang dipastikan tidak lolos Kartu Prakerja. Seperti pejabat negara, pimpinan dan anggota DPR, aparatur sipil negara, anggota TNI dan Polri, kepala desa dan perangkat desa, serta direksi, komisaris, dan dewan pengawas dari BUMN maupun BUMD.

Selain itu, Hengki menyebut bahwa akibat pandemi COVID 19, pelaksanaan Kartu Prakerja sedikit bergeser. Dari yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia menjadi semi Bansos.

Oleh karena itu, pendaftar Kartu Prakerja dipastikan tidak akan lolos jika sudah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial maupun subsidi gaji dari Kementerian Ketenagakarjaan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓