Fimela Fest 2020: Kunci Agar Kamu Berani Mengubah Kebiasaan Buruk Jadi Positif

Karla Farhana28 Sep 2020, 16:23 WIB
Diperbarui 28 Sep 2020, 16:23 WIB
[Fimela] Kebiasaan buruk

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk. Kadang kebiasaan buruk tersebut mengganggu banyak ranah dalam kehidupanmu. Mulai dari kesehatan, karier, hingga nasib masa depan. Karena itu, banyak para mentor dan penulis buku self help menyarankan untuk perlahan-lahan mengubah kebiasaan buruk tersebut. 

Namun, mengubah kebiasaan buruk membutuhkan keberanian dan kemauan yang keras. Menurut penulis buku The Subtle Art of Not Giving a Fuck, Mark Manson, kebanyakan orang merasa terjebak dalam kebiasaan buruk mereka dan akhirnya membentuk kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya. 

 

"Ketika seseorang memutuskan untuk mengubah diri, mereka berusaha untuk mengubah seluruh identitas diri mereka. Hal ini sangat sulit untuk dilakukan dan tidak heran kalau banyak orang yang gagal," kata Manson dalam blognya, MarkManson.com. 

Untuk itu, ketika seseorang ingin mengubah kebiasaan buruk dan menjadi hal yang positif, mengubah dirimu bukan cara yang tepat. Menurut Manson, kunci untuk menghentikan kebiasaan buruk adalah dengan keberanian untuk berubah, dan melakukan hal yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya. 

Lakukan Hal Berbeda untuk Meninggalkan Kebiasaan Buruk

[Fimela] Kebiasaan
Ilustrasi kebiasaan | pexels.com/@lina

Trik untuk meninggalkan kebiasaan buruk, menurut Manson, adalah dengan mengubah aksi. Misalnya, ketika kamu selalu tidur larut, hentikan mengatakan kepada diri sendiri kalau kamu bukan orang yang suka begadang. Atau fokus pada akibat buruk begadang. 

Namun, fokus pada apa yang bisa kamu lakukan, agar kamu bisa tidur dan bangun lebih awal. Sayangnya, menurut Manson, tidak semua orang berani untuk melakukan hal ini, terutama pada kebiasaan buruk yang menyangkut kesehatan. 

Pasalnya, orang cenderung takut untuk merasakan kehilangan, ketika mereka sudah benar-benar mengubah kebiasaan mereka menjadi aktivitas yang lebih positif. Dengan kata lain, banyak orang yang takut akan merasa kangen melakukan kebiasaan buruk tersebut ketika mereka sudah lama meninggalkannya. 

#ChangeMaker

Simak Video berikut

Lanjutkan Membaca ↓